Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisa Persaingan Kualitas Supermarket dengan Pendekatan Teori Permainan dan Quality Function Deployment (Studi Kasus : Supermarket Tragia Kertha Wijaya, Denpasar)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisa Persaingan Kualitas Supermarket dengan Pendekatan Teori Permainan dan Quality Function Deployment (Studi Kasus : Supermarket Tragia Kertha Wijaya, Denpasar)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Ni Made Sri Aryuni
Subject(s) GAME THEORY
Classification 658.201
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2002
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Pada saat ini, perkembangan industri membawa semangat baru dalam persaingan. Banyak terdapat pendatang baru dalam berbagai bidang bisnis seperti pada bisnis retailing khususnya supermarket. Tragia Kertha Wijaya sebagai salah satu perusahaan yang ikut serta dalam persaingan harus lebih memperhatikan kualitas layanan yang mampu ditawarkan kepada pelanggan disamping penerapan strategi yang efektif dengan mempertimbangkan faktor internal yang dimiliki berdasarkan preferensi dan persepsi pelanggan, agar dapat bertahan di dalam persaingan yang semakin ketat. Dalam penelitian ini, faktor internal perusahaan yang dinilai oleh pelanggan berhubungan dengan analisa persaingan kualitas di pasaran. Metode yang diterapkan adalah Teori Permainan dan Quality Function Deployment. Salah satu tujuan analisa adalah untuk mengetahui keunggulan kompetitif yang dimiliki supermarket Tragia Kertha Wijaya terhadap pesaingnya, dengan menerapkan Teori Permainan metode Sum Zero Game. Dari analisa diperoleh nilai permainan untuk masing-masing supermarket dan nilai probabilitas penggunaan strategi. Untuk mengetahui posisi persaingan Tragia Kertha Wijaya maka dilakukan positioning berdasarkan persepsi konsumen dengan Multidimensional Scalling. Sedangkan metode Quality Function Deployment digunakan untuk menganalisa faktor internal Tragia Kertha Wijaya yang dinilai oleh pelanggan dibandingkan dengan pesaingnya serta respon teknis atau kemampuan internal yang dimiliki untuk mempertahankan atribut yang menjadi keunggulan mengahadapi persaingan dan meningkatkan atribut yang memiliki perioritas tinggi untuk ditingkatkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keunggulan supermarket Tragia Kertha Wijaya dalam mengahadapi persaingan antara lain tata letak pengelompokkan barang, iringan musik yang diputar, kebersihan areal belanja, penyejuk ruangan yang ada serta keamanan dan kenyamanan belanja. Sedangkan atribut yang memiliki prioritas tinggi untuk ditingkatkan antara lain harga produk, keanekaragaman jenis produk yang dijual, keramahan dan kesopanan karyawan, keamanan dan kenyamanan dalam berbelanja serta tata letak pengelompokkan barang.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Hari Supriyanto, MSIE
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous