Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pengembangan Pariwisata (Studi Kasus : Dinas Pariwisata Lingkungan Hidup dan Pertambangan dan Energi Kabupaten Trenggalek)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pengembangan Pariwisata (Studi Kasus : Dinas Pariwisata Lingkungan Hidup dan Pertambangan dan Energi Kabupaten Trenggalek)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Septy Hendryana
Subject(s) Decission Support Systems
Classification 658.403
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2002
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Pada pelaksanaan otonomi daerah, pemerintah Kabupaten Trenggalek berusaha mengembangkan seluruh potensi kekayaan yang dimiliki untuk menunjang keberhasilan peningkatan pendapatan daerahnya. Salah satu potensi kekayaan yang cukup menarik dan prospektif untuk dikembangkan adalah objek pariwisata. Oleh sebab itu objek pariwisata tersebut dipelihara dan dikembangkan secara berkesinambungan sehingga mampu menarik minat wisatawan domestik dan wisatawan asing untuk mengunjunginya. Untuk melakukan program pengembangan objek pariwisata, Kepala Dinas Pariwisata Lingkungan Hidup Pertambangan Dan Energi memerlukan Sistem Pendukung Keputusan yang berbasis komputer yang mampu mendokumentasikan dan mengelola data secara lebih efektif sehingga dapat digunakan untuk menunjang proses pengambilan keputusannya. Sistem Pendukung Keputusan tersebut terdiri dari subsistem data, subsistem dialog dan subsistem model. Interaksi antar ketiganya akan menghubungkan pemakai dan Sistem Pendukung Keputusan yang dirancang. Penelitian ini bertujuan merancang Sistem Pendukung Keputusan terkait penentuan kebijakan pengembangan objek pariwisata. Proses–proses yang terlibat dalam sistem digambarkan dalam diagram konteks, diagram alir data dan entity relationship diagram. Sebagai subsistem model adalah Analitycal Hierarchy Proses (AHP), forecasting dan Delta Coverage Ratio (?CR) yang digunakan untuk merangking objek wisata yang akan dikembangkan, melakukan perkiraan nilai pendapatan dan mengetahui besar masalah operasional yang belum terpecahkan oleh pihak Dinas. Adapun output yang diperoleh berupa laporan-laporan terkait dengan hasil proses Sistem Pendukung Keputusan pengembangan objek pariwisata. Kata Kunci : Forecasting, Analisis Hierarchy Proses (AHP), Delta Coverage Ratio (?CR), Sistem Pendukung Keputusan, Diagram Konteks, Diagram Alir Data (DAD) dan Entity Relationship Diagram (ERD).
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Hari Supriyanto, MSIE
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous