Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisa Faktor-faktor yang Berpengaruh Terhadap Hardness pada Proses Pembuatan Filter Rokok dengan Menggunakan Metode Taguchi (Studi Kasus di PT X Indonesia)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisa Faktor-faktor yang Berpengaruh Terhadap Hardness pada Proses Pembuatan Filter Rokok dengan Menggunakan Metode Taguchi (Studi Kasus di PT X Indonesia)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) I Gede Andara Yuda
Subject(s) Design of Experiments
Classification 001.434
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2002
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Salah satu karakteristik kualitas dari filter rokok adalah hardness. Filter yang baik mempunyai hardness yang tidak bervariasi antara satu filter dengan filter lainnya. Hardness yang tinggi menyebabkan filter menjadi keras dan dalam mereduksi tar dan nikotin juga tinggi sehingga rokok terasa hambar. Hardness yang akan menyebabkan filter menjadi lembek dan rasanya lebih pekat karena kandungan tar nikotinnya sangat tinggi. Terdapat tiga variable proses yang dapat mempengaruhi karakterisitik kualitas hardness filter rokok, yaitu tekanan pretension roll, rasio kecepatan roll, dan flow rate aplikator PZ. Penelitian ini bertujuan menentukan seting dari variable-variabel proses pembuatan filter sehingga dapat mengoptimalkan hardness, dan untuk menyelesaikannya digunakan Metode Taguchi. Hasil analisa menunjukkan bahwa hardness yang optimal dicapai pada seting proses produksi sebagai berikut : tekanan pretension roll 1.8 bar, rasio kecepatan roll 1.83 dan flow rate aplikator PZ 40 mlt/min. Dengan menggunkan seting variabel proses produksi filter ini diperoleh peningkatan sebesar 0.2217 terhadap kondisi optimal awal.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. I Nyoman Pujawan, M.Eng.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous