Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Penentuan Jumlah dan Komposisi Operator Serta Arah Perpindahan Operator untuk Meningkatkan Produktivitas Perusahaan (Studi Kasus di VTL Department, PT. Philips Ralin Electronics Sidoarjo)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Penentuan Jumlah dan Komposisi Operator Serta Arah Perpindahan Operator untuk Meningkatkan Produktivitas Perusahaan (Studi Kasus di VTL Department, PT. Philips Ralin Electronics Sidoarjo)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Budi Setiyono
Subject(s) OPERATION RESEARCH
Classification 658.152
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2002
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Ada banyak usaha yang bisa dilakukan untuk meningkatkan produktivitas perusahaan. Salah satunya adalah pengoptimalan utilitas tenaga kerja dalam suatu proses produksi. Namun pengoptimalan ini dilakukan dengan tanpa mengabaikan kemampuan dan kondisi lingkungan kerja yang sangat berpengaruh. Pihak manajemen VTL Department, PT. Philips Ralin Electronics Sidoarjo masih optimis dapat melakukan peningkatan produktivitas melalui pengoptimalan penggunakan operator untuk setiap line produksi. Ada 3 hal yang dilakukan dalam tugas akhir ini untuk meningkatkan produktivitas yaitu penentuan jumlah operator, komposisi operator tiap line produksi dan arah perpindahan operator yang digunakan. Untuk menentukan jumlah dan komposisi operator digunakan waktu standar yang diperoleh dengan melakukan perhitungan waktu standar secara tidak langsung. Metode yang digunakan adalah MTM-1. perhitungan waktu standar ini dilakukan untuk tiap titik kerja. Sedangkan perpindahan operator dilakukan untuk memberikan waktu “istirahat” pada operator dalam melakukan pekerjaan, disamping untuk memberikan variasi pekerjaan agar tidak timbul rasa bosan. Penyusunan arah perpindahan operator tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan faktor lingkungan kerja yang mereka (operator) pentingkan dalam penentuan arah perpindahan tempat kerja. Untuk memperoleh faktor-faktor yang dipentingkan dalam penentuan arah perpindahan tersebut digunakan kuisioner. Dari hasil pengolahan kuisioner tersebut diperoleh 3 faktor yang dipentingkan yaitu temperatur, tingkat kebisingan dan kemampuan operator untuk melakukan pekerjaan pada suatu titik kerja. Penentuan arah perpindahan operator dilakukan dengan melakukan pendekatan matematis yang diselesaikan dengan algoritma genetika. Dari hasil perhitungan di atas diperoleh bahwa peningkatan produktivitas untuk 3 line produksi yang diamati rata-rata sebesar 6.39 % dengan pengurangan operator sebanyak 1 orang tiap kelompok kerja tiap line (total sebanyak 8 orang). Keywords : Teknik Tata Cara, MTM-1, Ergonomi, Riset Operasi, Algoritma Genetika
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Sri Gunani Partiwi, MT
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous