Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan Sistem Pakar untuk Pengamilan Keputusan Pemberian Kredit (Studi Kasus : Bank X Cabang Jembatan Merah Surabaya)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan Sistem Pakar untuk Pengamilan Keputusan Pemberian Kredit (Studi Kasus : Bank X Cabang Jembatan Merah Surabaya)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Safarial Hanaf
Subject(s) Expert Systems
Classification 006.33
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2002
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Bank merupakan salah satu kekuatan ekonomi yang utama dalam pembangunan. Dalam perbankan, kredit merupakan sumber pemasukan utama karena terdapat selisih antara suku bunga yang diberikan kepada nasabah dengan suku bunga yang diberikan kepada debitur. Kredit juga merupakan permasalahan kompleks yang melibatkan multi kriteria dan multi atribut, sehingga dibutuhkan sebuah sistem yang mampu menyelesaikan analisa kredit dengan keputusan yang cepat dan tepat. Oleh karena itu digunakan sebuah rancangan sistem yang memadukan antara penilaian kredit yang lebih obyektif dan kaidah-kaidah yang berlaku dalam analisa kredit, sehingga dapat memberikan keputusan dengan cepat dan tepat. Sistem ini dinamakan dengan sistem pakar untuk pengambilan keputusan pemberian kredit. Metode AHP digunakan dalam penelitian ini, sehingga pembobotan yang dilakukan lebih obyektif. Untuk mendapatkan suatu nilai tertentu pada tiap debitur digunakan penilaian secara bobot komposit (bobot dikalikan dengan penilaian skala likert 1-9 oleh analis kredit) untuk kemudian dibandingkan dengan nilai yang telah ditentukan sebelumnya oleh analis kredit (memenuhi atau tidak). Rancangan sistem pakar ini dituangkan dalam aplikasi software yang sudah ada. Hasil implementasi software ini memberikan keputusan apakah kredit diterima atau ditolak. Apabila diterima, maka diteruskan dengan jumlah kredit yang diterima, bunga yang ditentukan dan jangka waktu pengembalian kredit. Dan apabila ditolak, berisi keterangan atau alasan kenapa kredit ditolak.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Sritomo Wignjosoebroto, MSc;Stefanus Eko Wiratno, ST
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous