Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perencanaan Penjadwalan Operasi Generator-generator pada Sebuah Unit Pembangkit (Studi Kasus : di PT. PJB II UP, Gresik)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perencanaan Penjadwalan Operasi Generator-generator pada Sebuah Unit Pembangkit (Studi Kasus : di PT. PJB II UP, Gresik)
Edition
Call Number 2002/I/48
ISBN/ISSN
Author(s) Andiek Sunarto
Subject(s) Scheduling
Classification 658.53
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2002
Publishing Place Surabaya
Collation 20 cm
Abstract/Notes
Specific Detail Info Kebutuhan energi listrik merupakan salah satu kebutuhan publik yang harus dipenuhi oleh pemerintah melalui perusahaan negara. PT. PLN mengemban tanggung jawab ini. Dalam pelaksanaannya, penetapan harga energi listrik ini tidak hanya diperhitungkan berdasarkan biaya pengoperasian pembangkit saja, namun juga tingkat pendapatan masyarakat sebagai konsumen dari produksi energi listrik, sehingga sering kali harga energi listrik lebih murah dibandingkan dengan biaya pengoperasian pembangkit. Melihat kenyataan ini minimasi biaya operasi pembangkit mutlak diperlukan. Minimasi biaya operasi pembangkit merupakan permasalahan optimasi dimana penjadwalan produksi pembangkit harus dilakukan dengan sebaik-baiknya. Pembangkit dengan biaya operasi paling kecil harus dimaksimalkan penggunaanya dan pembangkit dengan biaya paling besar harus semakin jarang digunakan. Namun demikian pemanfaatan pembangkit dengan biaya terkecil ini selalu dibatasi oleh kendala keterbatasan sumber daya, seperti kapasitas maksimum setiap pembangkit, permintaan energi listrik yang harus dipenuhi, keandalan, pemakaian bahan bakar, maupun margin reserve untuk setiap pembangkit. Dengan membuat permodelan berdasarkan keterbatasan-keterbatasan sumber daya dan pemenuhan tujuan penjadwalan optimasi penjadwalan pembangkit dapat dicapai. Dari hasil penelitian ini diperoleh penjadwalan pembangkit untuk hari libur (Sabtu-Minggu) dan hari efektif (Senin-Jum’at) dimana pada hari libur permintaan akan energi listrik relatif lebih kecil dibandingkan hari efektif. Dengan penjadwalan hari libur dan hari efektif, PLTG di- off - kan karena biaya produksinya yang relatif mahal, sehingga dengan penjadwalan ini diperoleh penghematan biaya yang cukup besar. Kata Kunci : Penjadwalan, Optimasi, Permodelan.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Nurhadi Siswanto,ST.,MSIE
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous