Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan Rute Penjadualan Penjemputan Penumpang dengan Menggunakan Sistem Informasi Geografis (Studi Kasus : PT. Wiedas)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan Rute Penjadualan Penjemputan Penumpang dengan Menggunakan Sistem Informasi Geografis (Studi Kasus : PT. Wiedas)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Diena Endriani Ismawati
Subject(s) Scheduling and sequencing
Classification 658.53
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2002
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Penelitian ini dilakukan untuk membuat suatu rancangan rute dan penjadualan penjemputan penumpang dengan menggunakan Sistem Informasi Geografis. Sistem Informasi Geografis (SIG) merupakan sistem berbasis komputer yang dirancang untuk menyimpan dan menggunakan informasi geografis [Aronoff, 1989]. Studi kasus yang diambil adalah PT. Wiedas, perusahaan jasa perjalanan. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengalokasikan penumpang pada tiap kendaraan, merancang rute dan penjadualan penjemputan, dan memberikan informasi seputar rute dan penjadualan penjemputan. Adapun langkah awal yang dilakukan adalah menentukan alokasi penumpang dan rute awal. Pada tahap ini dapat diketahui jumlah dan urutan penumpang untuk tiap kendaraan berdasarkan jarak terpendek. Kemudian dari rute awal yang diperoleh, dibuat rute yang detail berdasarkan waktu tercepat. Pembuatan rute detail dilakukan untuk mendapatkan waktu tempuh untuk tiap lokasi dan waktu tempuh total kendaraan sampai pada lokasi terakhir. Inputan untuk rute yang detail berdasarkan pada rute awal. Setelah waktu tempuh diperoleh, maka dibuat penjadualan penjemputan. Hasil pengujian yang diperoleh pada penelitian ini adalah jumlah penumpang dan urutan penumpang yang akan dijemput, waktu tempuh untuk masing-masing lokasi dan waktu tempuh total, dan penjadualan penjemputan penumpang. Selain itu juga informasi petunjuk jalan untuk masing-masing lokasi. Sehingga dari penelitian ini dapat dilihat kegunaan Sistem Informasi Geografis dalam merancang rute dan penjadualan penjemputan penumpang.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Sritomo Wignjosoebroto, MSc.;Dyah Santhi Dewi, ST
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous