Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Prediksi Pasar Potensial Dan Penetapan Strategi Pemasaran Untuk Produk Baru Dengan Pendekatan Markov Chain Berdasarkan Tingkat Ketertarikan Konsumen (Studi Kasus : Produk Layanan Baru TELKOMSMS PT. TELKOM Divre V Jawa Timur)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Prediksi Pasar Potensial Dan Penetapan Strategi Pemasaran Untuk Produk Baru Dengan Pendekatan Markov Chain Berdasarkan Tingkat Ketertarikan Konsumen (Studi Kasus : Produk Layanan Baru TELKOMSMS PT. TELKOM Divre V Jawa Timur)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Tika Meliska
Subject(s) MARKETING MANAGEMENT
Classification 658.8
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2002
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info TELKOMSMS merupakan produk layanan baru PT.TELKOM yang bertujuan untuk memberikan value added services kepada para pelanggan. Sebelum produk layanan baru diluncurkan diperlukan suatu informasi seberapa besar penerimaan masyarakat terhadap produk layanan baru ini yang akan menjadi gambaran pasar potensial dan menjadi bahan pertimbangan dalam menyusun strategi pemasaran. Pada umumnya metode markov chain digunakan untuk mengetahui pencapaian market share produk terhadap produk pesaing untuk jangka waktu tertentu di masa yang akan datang beserta pola perubahan pasar yang terjadi hingga kondisi steady state (kemantapan) tercapai. Namun karena TELKOMSMS belum diluncurkan dan digunakan oleh masyarakat, prediksi pasar potensial TELKOMSMS didasarkan pada tingkat ketertarikan konsumen. Pasar potensial TELKOMSMS ini tidak dibandingkan dengan pasar potensial produk pesaing. Dengan demikian pasar potensial TELKOMSMS ini terdiri atas beberapa tingkat ketertarikan dimana yang menjadi titik utama analisa adalah tingkat ketertarikan tertinggi yaitu tingkat sangat tertarik. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuisioner untuk mengetahui tingkat ketertarikan konsumen terhadap TELKOMSMS, media promosi pilihan untuk TELKOMSMS, dan atribut yang dipentingkan untuk TELKOMSMS. Responden yang dipilih untuk mengisi kuisioner adalah penduduk Surabaya yang meruakan pelanggan PSTN. Metode analisa dalam penelitan ini antara lain analisa Markov Chain baik Markov Order Satu (First Order Markov Analysis) dan analisa Markov Order Tinggi (High Order Markov Analysis) sebagai alat analisa utama, analisa tingkat kepentingan, analisa expected value dan analisa statistik meliputi analisa ketergantungan (crosstab). Dari hasil analisa diketahui dengan metode markov chain order satu diperoleh hasil pasar potensial untuk produk layanan baru “TELKOMSMS” sebesar 16,19% (64.763 pelanggan), sedangkan dengan metode markov chain order tinggi diperoleh hasil pasar potensial sebesar 29,75 % (119.007 pelanggan), dan berdasarkan hasil survey diperoleh hasil pasar potensial sebesar 8,4 % (33.602 pelanggan). Kemudian berdasarkan mean comparison dan expected value, biaya merupakan atribut yang paling dipentingkan oleh masyarakat dan televisi merupakan media promosi yang paling menarik bagi masyarakat. Hasil tersebut selanjutnya digunakan sebagai bahan pertimbangan penyusunan strategi pemasaran TELKOMSMS dengan satu penekanan bahwa pada tahap promosi awal sebaiknya perusahaan mengutamakan pada switching cost yang ditawarkan oleh “TELKOMSMS” dimana biaya tambahan dan pulsa sms yang tidak lebih murah dari pulsa telepon lokal akan memberikan keuntungan bila dipandang dari sudut pandang bahwa “TELKOMSMS” akan memberikan beberapa keunggulan jangka panjang. Kata kunci : Markov Chain, Market Share, First Order Markov Analysis, High Order Markov Analysis, Strategi Pemasaran
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous