Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Penerapan Reability Centeret Maintenance Dalam Merencanakan Kegiatan Perawatan Yang Optimal ( Studi Kasus : Mesin Bending Arc Tube Pada Line Production LCS,PT.X)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Penerapan Reability Centeret Maintenance Dalam Merencanakan Kegiatan Perawatan Yang Optimal ( Studi Kasus : Mesin Bending Arc Tube Pada Line Production LCS,PT.X)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Bagus Indra Saputro
Subject(s) Reliability
Classification 520.004 52
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2002
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Dalam mencapai produktivitas untuk menghasilkan profit yang tinggi, suatu perusahaan harus melakukan usaha untuk meningkatkan ketersediaan peralatan proses produksi. Suatu proses produksi akan berjalan dengan baik jika didukung oleh perawatan yang baik terhadap peralatan atau komponen pada sistem tempat kegiatan produksi tersebut dilakukan. Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini berkaitan dengan pengembangan sistem perawatan PT. X, yang bergerak dalam bidang industri manufaktur khususnya produksi lampu. Fokus penelitian ini adalah perawatan pada mesin bending arc tube yang merupakan salah satu peralatan pada lantai produksi PT. X pada divisi lampu Light Capsule Super (LCS). Metodologi yang digunakan untuk mendapatkan kegiatan perawatan yang optimal ditinjau dari minimasi biaya perawatan adalah Reliability Centered Maintenance (RCM). Metodologi RCM terdiri dari analisa kualitatif yaitu dengan analisa Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) dan Decision Diagram untuk menentukan jenis kegiatan perawatan, dan analisa kuantitatif untuk menentukan interval perawatan yang optimal. Secara umum data-data yang diperlukan dalam analisa ini adalah data kerusakan komponen dan kegiatan perawatan yang ada pada mesin bending arc tube, yang dicatat dalam bentuk Machine History Record dan Maintenance Activity Report. Data-data lain diperoleh dari wawancara dengan pihak manajemen perawatan PT. X, divisi lampu Light Capsule Super (LCS). Hasil dari analisa kualitatif adalah dari 11 komponen / unit yang diteliti, 10 komponen memungkinkan untuk dilakukan scheduled on-condition task sedangkan sisanya dapat dirawat dengan menggunakan jenis kegiatan scheduled discard task. Sedangkan dari analisa kuantitatif didapat bahwa dengan interval perawatan yang baru maka akan terjadi penurunan biaya perawatan dan kenaikan availability dari 11 komponen yang diteliti. Penurunan biaya perawatan terbesar terdapat pada komponen sensor, yaitu sebesar Rp.18.954 / jam dengan mengubah interval perawatan dari setiap 424 jam operasi menjadi tiap 332 jam operasi. Sedangkan pada urutan kedua adalah driving unit, kemudian diikuti oleh komponen cam dan chuck. Untuk mengurangi frekuensi perawatan yang tinggi yang disebabkan oleh penjadwalan komponen secara individual, maka dilakukan penjadwalan perawatan komponen secara berkelompok, sehingga pada akhirnya dapat mereduksi biaya akibat down time. Kata Kunci: Profit, Ketersediaan Sistem, Reliability Centered Maintenance, Failure Mode and Effect Analysis, Decision Diagram, Analisa Kuantitatif
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Maria Anityasari, ST.,ME.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous