Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Penentuan Kontrak Proyek Pembangunan unit Pengolahan Limbah Cair PG. Djatiroto Dengan Menggunakan Metode Analytic Network Process (Studi Kasus PT. Perkebunan Nusantara XI)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Penentuan Kontrak Proyek Pembangunan unit Pengolahan Limbah Cair PG. Djatiroto Dengan Menggunakan Metode Analytic Network Process (Studi Kasus PT. Perkebunan Nusantara XI)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Trian Nugroho
Subject(s) DECISION MAKING
Classification 658403
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2002
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Proses pemilihan kontraktor pelaksana proyek merupakan suatu proses yang mempertimbangkan banyak kriteria evaluasi. Permasalahan nyata yang kerap muncul dalam proses pemilihan kontraktor tersebut adalah mempertimbangkan keseluruhan kriteria yang menjadi dasar keputusan. Permasalahan tersebut dapat dilihat pada kasus pemilihan kontraktor proyek pembangunan unit pengolahan limbah cair PG. Djatiroto. Berdasarkan hal tersebut maka melalui penelitian ini dilakukan suatu analisa untuk menetapkan satu pemenang tender dengan melibatkan keseluruhan kriteria yang ada. Sehingga output pemenang yang dihasilkan merupakan output yang cukup layak dipandang dari keseluruhan kriteria yang telah ditetapkan. Kriteria penilaian peserta tender yang digunakan diatur dalam Keppres No. 18/2000 yang dijabarkan dalam pedoman teknis pengadaan barang/ jasa PTPN XI. Metode yang diusulkan dalam penelitian ini adalah metode Analytical Network Process, suatu metode pengengembangan AHP yang menggunakan pendekatan feedback, sehingga dapat diketahui hubungan multi arah antar kriteria keputusan. Metode ANP digunakan dalam penelitian ini untuk menyelesaikan kasus pemilihan kontraktor proyek. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa kontraktor terpilih adalah PT. Bina Rasano. Kriteria yang dipandang paling penting dalam menentukan kontraktor proyek adalah kriteria peralatan. Urutan kedua ditempati oleh prosedur pelaksanaan proyek. Urutan ketiga dan selanjutnya adalah pengajuan teknis dari pihak kontraktor , pengalaman perusahaan, organisasi dan tenaga ahli dan yang terakhir adalah jaminan yang diberikan oleh pihak kontraktor. Kata kunci: Analytical Network Process, feed back, multi criteria
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Udisubakti C.,M.EngSc.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous