Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan Sistem Pengukuran Kinerja Supply Chain Di PT. Abadi Adimulia
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan Sistem Pengukuran Kinerja Supply Chain Di PT. Abadi Adimulia
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) A.A. Agustiya Novitayanti
Subject(s) Performance Measurement
Classification 658.151 1
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2002
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Untuk mencapai keunggulan kompetitif di dalam kompetisi bisnis, semakin banyak perusahaan yang memfokuskan sistem manajemennya pada manajemen supply chain (SCM). Manajemen supply chain merupakan suatu pendekatan yang terbukti dapat mengarahkan perusahaan dalam meningkatkan pelayanannya terhadap pelanggan, mengurangi biaya dan meningkatkan utilisasi asset perusahaan. Perusahaan ini menyadari bahwa untuk menjalankan supply chain yang efektif dan efisien, mereka harus terus melakukan perbaikan yang berkesinambungan. Oleh karena itu sebagai salah satu faktor penting dalam proses perbaikan kinerja, supply chain membutuhkan suatu sistem dan kerangka (framework) pengukuran kinerja. Penelitian ini mencoba mengembangkan framework untuk mengukur kinerja supply chain dan mengaplikasikannya di perusahaan manufaktur. Framework ini menggunakan prinsip balanced scorecard untuk menyeimbangkan seluruh faktor yaitu pengukuran kinerja keuangan dan nonkeuangan, tujuan jangka panjang dan jangka pendek, dan antara perspektif internal dan eksternal dan berusaha menterjemahkan visi, misi dan tujuan strategis perusahaan menjadi indikator atau ukuran kinerja. Framework ini juga menggunakan empat proses supply chain yang terintegrasi dari model SCOR yaitu plan, source, make, dan deliver. Keempat proses tersebut dikembangkan menjadi empat perspektif. Untuk mengukur kinerja perusahaan dalam memberikan pelayanan dan meningkatkan kepuasan pelanggannya, ditambahkan satu perspektif baru pada rancangan framework yaitu customer service & satisfaction, sehingga rancangan framework awal memiliki lima perspektif (plan, source, make, deliver, customer service & satisfaction). Masing-masing perspektif memiliki empat performance objective yaitu reliability, responsiveness & flexibility, cost (efficiency), dan assets. Performance objectives kemudian dikembangkan menjadi indikator kinerja atau metrik. Pada saat dilakukan uji coba implementasi, framework awal ini perlu disesuaikan dengan kondisi perusahaan, sebab masing-masing perusahaan memiliki sistem dan tujuan strategis yang berbeda. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sistem pengukuran kinerja supply chain PT Abadi Adimulia, yang telah sesuai dengan kondisi perusahaan. Sistem pengukuran kinerja ini memiliki 62 indikator kinerja. Setiap indikator kinerja dibobotkan dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Hasil pengukuran selama enam periode (Oktober 2001 sampai Maret 2002) menyatakan bahwa nilai kinerja total yang dicapai adalah 81.92, 78,85, 80.09, 80.16, 71.30, and 79.35. Kata kunci : performance measurement, supply chain, AHP, reliability, responsiveness & flexibility, cost, assets.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. I Nyoman Pujawan, M.Eng
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous