Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Evaluasi Pengaruh Jangka Pendek Dan Jangka Panjang Vendor Managed Inventory Terhadap Supply Chain (Studi Kasus di PT. Dian Satelit Unggul Surabaya)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Evaluasi Pengaruh Jangka Pendek Dan Jangka Panjang Vendor Managed Inventory Terhadap Supply Chain (Studi Kasus di PT. Dian Satelit Unggul Surabaya)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Agus Setiawan
Subject(s) Logistic Management
Classification 658.5
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2002
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Sistem persediaan atau inventori sangat penting bagi perusahaan sekarang ini, karena akan berpengaruh pada kelancaran proses produksi, tinggi rendahnya biaya inventori, serta kemampuan dalam memenuhi kebutuhan konsumen. Banyak hal yang telah dilakukan oleh perusahaan untuk mengatur manajemen inventori ini sedemikian rupa sehingga biaya inventorinya dapat ditekan dengan tidak mempengaruhi kemampuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Salah satu dari sekian banyak sistem inventori yang digunakan adalah sistem Vendor-Managed Inventory (VMI). Dalam VMI ini, supplier-lah yang bertanggung jawab untuk menentukan kapan akan mengirimkan barang yang dibutuhkan oleh buyer dan juga menentukan kuantitasnya, sedangkan buyer hanya menyediakan inisial data mengenai produksi yang akan mereka lakukan dan juga mengenai permintaan konsumen dari waktu ke waktu. Dalam tugas akhir ini akan dibahas keuntungan dan kerugian dari penggunaaan sistem VMI ini baik di pihak buyer maupun supplier, baik dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang serta juga akan dibandingkan kinerjanya dengan sistem yang selama ini telah banyak digunakan, yaitu sistem Economic Order Quantity. Studi ini dilakukan di PT. Dian Satelit Unggul dengan mencoba model pada beberapa raw material yang dipasok oleh salah satu supplier-nya. Hasil yang didapatkan adalah dalam jangka pendek buyer mendapatkan tambahan keuntungan, sedangkan supplier mengalami pengurangan keuntungan. Dalam jangka panjang keduanya mendapatkan tambahan keuntungan. Kata kunci: Vendor-Managed Inventory, Supply-Chain, persediaan
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. I Nyoman Pujawan, M.Eng
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous