Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan Dan Implementasi Penilaian Potensi Kerjasama Usaha Industri (Studi Kasus : Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Timur)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan Dan Implementasi Penilaian Potensi Kerjasama Usaha Industri (Studi Kasus : Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Timur)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Taufik Hidayat
Subject(s) DECISION SUPPORT SYSTEM
Classification 658.403 2
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2003
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Dalam melakukan suatu kegiatan industri sering sekali ditemukan kendala dalam melakukan pemilihan kerjasama. Kendala-kendala tersebut muncul dalam bentuk penentuan dengan siapa seorang pengusaha akan melakukan suatu kerjasama? Untuk mengatasi hal di atas maka dalam penelitian ini akan dilakukan sebuah pendekatan untuk dapat menilai seberapa cocok sebuah perusahaan melakukan kerjasama dengan perusahaan lain. Pendekatan penilaian ini dilakukan dengan beberapa cara, yaitu : 1. Analisa Faktor 2. Dissimilarity 3. Analytical Hierarchy Process Dalam penelitian ini faktor-faktor yang mempengaruhi akan dikelompokkan dengan menggunakan suatu metode, yaitu Analisa Faktor. Dengan demikian faktor-faktor yang dihasilkan merupakan faktor-faktor yang benar-benar valid. Setelah masing-masing faktor diketahui maka dilakukan penyebaran kuisioner dengan menggunakan faktor-faktor yang sebelumnya sudah dikelompokkan. Maksud dari penyebaran kuisioner ini adalah untuk mengetahui data-data responden serta untuk mengetahui berapa nilai yang diisikan oleh responden untuk masing-masing faktor. Apabila nilai faktor sudah didapatkan langkah selanjutnya adalah meminta responden untuk melakukan pembobotan antar faktor-faktor yang ada. Nilai masing-masing faktor sudah didapatkan dan nilai bobot masing-masing faktor juga sudah didapatkan maka yang dilakukan adalah merancang sebuah alat bantu yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan. Alat bantu ini berupa sebuah software, dimana dengan menggunakan software ini pengguna akan dapat melakukan pengisian dan pengolahan data yang nantinya dapat digunakan dalam mengambil keputusan untuk memilih calon mitra.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Arman Hakim Nasution, M.Eng
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous