Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Susut Bakar Dan Daya Serap Air Pada Genteng Keramik (Studi Kasus PT. Panca Wira Usaha Jawa Timur, Surabaya)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Susut Bakar Dan Daya Serap Air Pada Genteng Keramik (Studi Kasus PT. Panca Wira Usaha Jawa Timur, Surabaya)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Didik Winarta
Subject(s) Design of Experiment
Factorial Experiment
Classification 001.434
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2003
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Tugas akhir kali ini akan membahas tentang kualitas genteng ditinjau dari susut bakar genteng dan daya serap air yang terjadi pada genteng keramik. Tingginya persentase susut bakar pada genteng menyebabkan produk mengalami kerusakan (retak, pecah, atau cuil) pada proses pembakaran. Sedangkan tingginya persentase daya serap air pada genteng akan menyebabkan produk mudah mengalami kerusakan (pori-pori pada genteng lebih besar) sehingga genteng akan mudah bocor. Kedua hal ini menyebabkan kerugian yang cukup besar baik pada perusahaan dan juga pada konsumen. Penerapan metode eksperimen full faktorial dalam tugas akhir ini ditujukan untuk menganalisa faktor-faktor yang berpengaruh terhadap susut bakar genteng dan menganalisa faktor-faktor yang berpengaruh terhadap daya serap air pada genteng keramik. Data yang dikumpulkan meliputi data historis, data identifikasi faktor, serta data eksperimen. Pengolahan data meliputi uji kenormalan data, pembuatan peta kendali, studi kemampuan proses, serta pengolahan data eksperimen dengan metode eksperimen full faktorial. Eksperimen menggunakan kombinasi faktor yang didapat dari hasil identifikasi faktor, yaitu persentase kadar pasir, kuat tekan mesin vakum ekstruder dan jenis struktur fisik warna tanah liat. Level yang dipakai untuk persentase kadar pasir ada 4 level (20%, 25%, 30%, 35%) dengan sifatnya yang acak; level untuk kuat tekan mesin vakum ekstruder ada 3 level (5500 lb, 6500 lb, 7500 lb) dengan sifatnya yang acak, sedangkan untuk jenis struktur warna tanah liat dipakai 2 level (warna tanah liat hitam dan warna tanah liat kuning) dengan sifat yang tetap. Analisa terhadap faktor-faktor yang berpengaruh terhadap susut bakar dan daya serap air pada genteng dilakukan dengan menggunakan ANOVA (analisis varians). Sedangkan untuk menentukan kombinasi level dalam setiap faktor-faktor tersebut yang dapat meminimasi jumlah persentase susut bakar dan daya serap air pada genteng digunakan uji Student Newman Keuls. Dari hasil Anova didapatkan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap persentase susut bakar adalah faktor persentase kadar pasir, kuat tekan mesin vakum ekstruder, dan interaksi antara faktor persentase kadar pasir dan kuat tekan mesin vakum ekstruder. Sedangkan faktor yang berpengaruh terhadap persentase daya serap air adalah faktor persentase kadar pasir, faktor kuat tekan mesin vakum ekstuder. Hasil uji Student Newman Keuls didapat level yang optimal untuk persentase susut bakar genteng dengan kadar pasir 35%, kuat tekan mesin vakum ekstruder sebesar 7500 lb, dan struktur fisik warna tanah liat yang hitam. Sedangkan keadaan yang optimal untuk faktor yang berpengaruh terhadap persentase daya serap air pada genteng adalah kadar pasir 20%, kuat tekan mesin vakum ekstruder sebesar 7500 lb, struktur fisik warna tanah liat yang kuning. Kata kunci : Persentase Susut Bakar, Persentase Daya Serap Air Pada Genteng, Eksperimen Full Faktorial, Anova, Uji Student Newman Keuls.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing dipinjam dosen
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous