Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan Sistem Pengendalian Persediaan Bahan Baku Pembantu Pada Perusahaan Furniture (Studi Kasus PT. Karya Mapan Indah Sentosa)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan Sistem Pengendalian Persediaan Bahan Baku Pembantu Pada Perusahaan Furniture (Studi Kasus PT. Karya Mapan Indah Sentosa)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Basyuri Iswanto
Subject(s) INVENTORY CONTROL
Classification 658.787
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2003
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Informasi mengenai performasi kinerja merupakan data yang mutlak dibutuhkan oleh pihak perusahaan, selain sebagai tolak ukur tingkat pertumbuhan juga digunakan sebagai bahan evalusai program perbaikan kinerjanya. Untuk mengetahui kinerja dan tingkat penciptaan nilai perolehan bagi perusahaan tidak hanya cukup dilakukan dengan pengukuran atas rasio-rasio keuangan saja melainkan juga diperlukan suatu ukuran mengenai kinerja keuangan yang benar-benar secara adil mempertimbangkan ekspetasi dari para penyandang dana. Dalam Tugas Akhir ini akan dibahas bagaimana menilai kinerja keuangan perusahaan PT. Perusahaan Gas Negara (Persero) dengan menggunakan konsep Economic Value Added (EVA) yang memperhitungkan biaya modal sebagai pengganti resiko perusahaan, konsep ini menggambarkan nilai riil yang dihasilkan sebagai kemampuan pengembalian untuk menutupi resiko perusahaan. Berbeda dengan pengukuran kinerja konvensional, konsep Economic Value Added dapat berdiri sendiri tanpa perlu adanya perbandingan terhadap perusahaan sejenis. Secara sederhana apabila EVA > 0 maka telah terjadi nilai tambah pada perusahaan sementara apabila EVA = 0 menunjukkan posisi impas perusahaan yaitu besarnya keuntungan perusahaan sesuai dengan harapan dari investasi yang dikeluarkan, sedangkan apabila EVA < 0 menunjukkan laba yang tersedia tidak sesuai dengan harapan dari investasi yang dikeluarkan. Hasil dari perhitungan EVA ini kemudian akan digunakan sebagai dasar penentuan tingkat bonus manajemen yang akan diberikan dan diharapkan dapat memotivasi pihak manajamen perusahaan untuk senantiasa meningkatakan penciptaan nilai bagi perusahaan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa secara umum perusahaan cukup memiliki kinerja keuangan yang baik, dimana adanya perolehan nilai EVA sebesar Rp.241.648.796.269 pada tahun 2000 dan Rp. 9.207.001.198 pada tahun 2002 meskipun setelah terpuruk pada EVA negatif pada tahun 1999 dan 2001 dikarenakan adanya investasi jangka panjang yang hasilnya baru dapat dilihat dan pada periode yang akan datang. Dari perolehan nilai EVA ini ditentukan bahwa pada tahun 2000 besarnya bonus yang diberikan adalah senilai Rp.77.384.296 sedangakan untuk periode tahun 2001 tidak ada bonus manajemen yang diberikan dikarenakan penurunan nilai EVA secara drastis hingga mencapai negatif Rp.145.295.289.222 walaupun telah ditambahkan dengan saldo simpanan bonus dari periode tahun 2000 sebesar Rp. 134.768.593, dan pada tahun 2002 jumlah bonus yang diberikan adalah senilai Rp 20.612.938. Dengan meningkatnya pestasi kinerja PT Perusahaan Gas Negara ini menunjukkan bahwa perseroan terbatas telah berhasil memenuhi ekpektansi para penyandang dananya terutama harapan para pemegang saham selaku pemilik modal. Kata Kunci : Pengukuran Kinerja, Economic Value Added, Bonus EVA.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing dipinjam dosen
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous