Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pengukuran Dan Usulan Perbaikan Produktivitas Pada Perusahaan Job Order Dengan Menggunakan Metode APC Untuk Mengetahui Faktor Dominan Penyebab Masalah Produktivitas (Studi Kasus di PT. X: Surabaya)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pengukuran Dan Usulan Perbaikan Produktivitas Pada Perusahaan Job Order Dengan Menggunakan Metode APC Untuk Mengetahui Faktor Dominan Penyebab Masalah Produktivitas (Studi Kasus di PT. X: Surabaya)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Pramita Tresna Sari
Subject(s) Measurement
Productivity
Classification 658.542
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2003
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Industri yang bergerak pada bidang pengecoran logam mengalami perkembangan yang sangat pesat, ini ditandai dengan banyaknya perusahaan perusahaan baru yang sejenis. Hal ini menyebabkan semakin ketatnya persaingan perusahaan dibidang ini. Menyadari hal ini perusahaan berupaya untuk meningkatkan kinerjanya dan mendapatkan keuntungan sesuai dengan yang diinginkan, dan salah satu cara yang ditempuh adalah dengan cara meningkatkan produktivitas perusahaan. Untuk meningkatkan produktivitas perlu dilakukan pengukuran produktivitas yang merupakan langkah awal untuk mendapatkan gambaran bagaimana kondisi produktivitas perusahaan. Untuk mengetahui kondisi produktivitas perusahaan dengan cara melakukan pengukuran produktivitas dan mengetahui keuntungan perusahaan yang sebenarnya dapat diketahui dengan menggunakan metode APC (American Productivity Center). Pada pengukuran ini dilakukan pada input tenaga kerja material, energi modal dan input total dan hasil dari pengukuran tersebut dianalisa dengan dilakukan pembobotan untuk mengetahui faktor faktor yang menyebabkan menurunnya produklivitas perusahaan dengan metode AHP dengan menggunakan software Expert Choice. Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa produktivitas material, energi mengalami kenaikan produktivitas dibandingkan dengan periode dasar. Input tenaga kerja dan modal mengalami fluktuasi tetapi cenderung menurun. Untuk modal tidak dilakukan penelitian lebih lanjut karena keterbatasan data, faktor faktor yang menyebabkan menurunnya produktivitas tenaga kerja adalah : untuk tenaga kerja langsung tidak puas atas gaji yang diberikan oleh perusahaan dengan bobot 0.829, idle time 0.453, jenis dan model yang diproduksi terlalu rumit 0.436, absen/ijin dan terlambat 0.402. Untuk tenaga kerja tidak langsung, masalah tidak puas atas gaji yang diberikan oleh perusahaan dengan bobot 0.868, idle time 0.506, jenis dan model yang diproduksi terlalu rumit 0.357, absen/ijin dan terlambat 0.0.347. Dengan diketahuinya faktor faktor penyebab produktivitas maka dapat memberikan masukan pada perusahaan untuk meningkatkan perusahaannya. Keyword : APC ( American Produktivity Centff), AHP (Analytical Hirarchy Process)
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Moses L. Singgih, Msc, MRegSc;Erwin Widodo, ST.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous