Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Penjadwalan Proyek Dengan Keterbatasan Sumber Daya Menggunakan Algoritma Brooks (Studi Kasus PT. Ometraco Arya Samantha, Surabaya)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Penjadwalan Proyek Dengan Keterbatasan Sumber Daya Menggunakan Algoritma Brooks (Studi Kasus PT. Ometraco Arya Samantha, Surabaya)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Ankaa Setyawan
Subject(s) PROJECT MANAGEMENT
Classification 658.404
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2003
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Dengan semakin banyaknya industri yang bergerak di bidang manufaktur, maka pihak perusahaan dituntut untuk selalu dapat memenuhi kebutuhan yang diinginkan konsumen. PT Ometraco Arya Samantha (OAS) adalah sebuah industri yang bergerak di bidang konstruksi bangunan dumana ruang lingkup pekerjaannya dalam bentuk proyek yang bervolume cukup besar. Dengan system produksi job order dalarn pelaksanaan penjadwalan dari proyek proyek tersebut, PT OAS seringkali mempunyai kendala dalam pengalokasian sumberdaya yang akan dialokasikan pada tiap tiap aktifitas pengedan proyek dikarenakan keterbatasan jumiah sumberdaya yaitu tenaga keija yang dialokasilan untuk saw proyek sehingga pihak perusahaan sering melakukan rescheduling. Namun dilain pihak proyek harus diselesaikan tepat pada waktu yang telah disepakati dengan konsumen (owner). Pada penelitian ini akan digunakan algoritma Brooks berdasarkan kriteria, ACTIM (Activity Tune) dan TIMRES (Tune Multiphed by Number Resource) untuk melakukan penjadwalan dengan keterbatasan sumber daya. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data data aktual dan proyek yang akan dikerjakan yang meliputi macarn aktifitas, hubungan antar aktifitas, durasi serta jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan. Berdasarkan data data yang diperoleh nantinya akan didapat nilai ACTIM dan TIMRES dimana nilai ini digunakan sebagai acuan dalarn urutan pemjadwalan aktifitas proyek. Output yang akan dihasdkan dalarn bentuk Gantt Chart dan alokasi sumber daya. Sebagai studi kasus, pada penelitian ini dilakukan penjadwalan proyek pernbuatan komponen (fabrikasi) untuk pembangunan Maspion Mall Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa penjadwalan proyek yang akan digunakan adalah menggunakan algoritma Brooks dengan kriteria ACTIM dengan durasi penggunaan untuk proyek Maspion im akan selesai dengan jangka waktu selama 86 hari karena dengan metode ini menghasilkan penjadwalan yang realistis dan sesuai dengan waktu yang diinginkan Keyword: Keterbatasan resource, Algoritina Brooks, kriteria ACTIM dan TIMRES
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Patdono Suwignjo, MEng.Sc
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous