Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisa Perumusan Strategi Pengembangan Sentra Industri Berdasarkan Preferensi Pemerintah Dan Pengusaha (Objek Penelitian Di Sentra Industri Sepatu Kulit, Sooko, Mojokerto)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisa Perumusan Strategi Pengembangan Sentra Industri Berdasarkan Preferensi Pemerintah Dan Pengusaha (Objek Penelitian Di Sentra Industri Sepatu Kulit, Sooko, Mojokerto)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Andriani Dwi Kharismaningrum
Subject(s) STRATEGIC MANAGEMENT
Classification 658.401 2
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2003
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Sejak diberlakukannya otonomi daerah di Indonesia, daerah diberi keleluasaan lebih untuk membangun pondasi perekonomian yang kuat bagi daerahnya tanpa harus tergantung pada kebijakan pemerintah pusat. Peluang ini dimanfaatkan oleh pemerintah daerah untuk meningkatkan performansi daerahnya agar tidak tertinggal oleh daerah lain. Keberadaan sentra industri, sebagai andalan daerah memiliki nilal tambah bagi suatu daerah, terutama meningkatkan pendapatan daerah. Walaupun sebagian besar sentra industri tumbuh secara alami, bukan berarti pemerintah daerah lepas tangan mengenai perkembangan sentra industri. Pemerintah daerah sudah sepatutnya mengarahkan para pengusaha setempat agar sentra industri dapat lebih berkembang. Demikian pula dengan pembangunan daerah yang dilaksanakan, pemerintah harus memperhatikan preferensi pengusaha sentra, sehingga dapat dicapai pembangunan daerah yang bermanfaat bagi daerah, dan juga menguntungkan pengusaha sentra industri. Matriks-matriks manajemen strategi, seperti Matriks Evaluasi Faktor Eksternal, Matriks Evaluasi Faktor Internal, TOWS, SPACE dan beberapa matriks lainnya dapat digunakan untuk merumuskan profil perusahaan. Dalam penelitian ini, yang mengambil objek penelitian di Sentra Industri Sepatu Kulit, Sooko, Mojokerto, diaplikasikan matriks-matriks manajemen strategi untuk merumuskan profil perusahaan anggota sentra industri dengan menganallsis peluang, ancaman, kekuatan, dan kelemahan perusahaan. Metode ELECTR-E 111, merupakan salah satu pendekatan Multi Criteria Decision Making yang dapat dipergunakan dalam perankingan alternatif. Dalam penelitian ini, akan diterapkan metode ELECTRE III untuk perankingan 6 alternatif pengembangan sentra industri berdasarkan preferensi pemerintah dan pengusaha, dengan 5 kriteria yang dipertimbangkan. Selain itu pula diaplikasikan metode pairwise comparison dalam pembobotan kriteria. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prioritas utama pengembangan sentra industri berdasarkan preferensi pemerintah dan pengusaha adalah perbaikan sarana transportasi, dengan bobot terbesar pada pengembangan wilayah. Sedangkan dari penerapan manajemen strategi diperoleh 3 unit usaha, yang memiliki profil masing-masing agresif baik, defensif, dan agresif kuat. Kata kunci: Manqjemen Strategi, TOWS, SPACE, Multi Criteria Decision Making, ELECTRE III, Pairwise Comparison.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Moses L. Singgih, Msc, MRegSc
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous