Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Penetapan Kebijakan Customer Service (Studi Kasus : PT. Kertas Leces Persero)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Penetapan Kebijakan Customer Service (Studi Kasus : PT. Kertas Leces Persero)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Niluh Irawati
Subject(s) Logistic Management
Classification 658.7
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2003
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Selama ini PT Kertas Leces Persero dihadapkan pada segmen customer yang berbeda, sehingga kegiatan penelitian ini difokuskan pada penetapan kebijakan customer service. Penetapan kebijakan customer service tersebut bertujuan untuk melakukan pengelompokan customer dan produk, menetapkan parameter-parameter yang diperlukan oleh perusahaan dalam melakukan pelayanan terhadap customer mereka dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pencapaian target customer service tersebut. Pembobotan kriteria dengan menggunakan AHP ( Analytical Hierarchy Process) pada pengelompokan produk dan customer dilakukan dengan bantuan software Expert Choice V.9. Hasil penelitian menyatakan bahwa keseluruhan customer PT Kertas Leces dikelompokkan ke dalam 8 segmen dengan menggunakan kriteria kelancaran pembayaran, profit yang dihasilkan, pola pemesanan, dan kuantitas pemesanan. Sedangkan produk yang dihasilkan oleh PT Kertas Leces dikelompokkan ke dalam 4 segmen, dengan menggunakan kriteria profit produk, prospek produk di masa yang akan datang dan market share produk saat ini. Parameter customer service adalah number of faultness delivery, on time delivery dan order cycle time, dan masing-masing parameter tersebut mempunyai faktor dominan yang mempengaruhi pencapaian target customer sevice. Faktor dominan faultness delivery adalah efek deviasi mesin, kerusakan mesin dan kesalahan prosedur SOP, faktor dominan keterlambatan order cycle time adalah adanya revisi penjadwalan, dan faktor dominan keterlambatan delivery adalah terjadinya keterlambatan produksi. Kata kunci : Customer Service Management, Segmentasi, Penetapan Target, Industri Kertas
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. I Nyoman Pujawan, M.Eng
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous