Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Aplikasi Pendekatan Teknometrik untuk Perhitungan Kontribusi Teknologi sebagai Alat Pendukung Pembuatan Kebijakan Pengembangan Teknologi (Studi Kasus PT. Multiplast Jaya Tatamandiri)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Aplikasi Pendekatan Teknometrik untuk Perhitungan Kontribusi Teknologi sebagai Alat Pendukung Pembuatan Kebijakan Pengembangan Teknologi (Studi Kasus PT. Multiplast Jaya Tatamandiri)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Bambang Siswoyo
Subject(s) Technology Management
Classification 658.403 55
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2003
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Teknologi mempunyai pengaruh yang penting dalam upaya menciptakan keunggulan dalam persaingan antar perusahaan. Sehingga perusahaan dituntut untuk meningkatkan daya saingnya dengan berfokus pada peningkatan peranan atau kontribusi teknologi. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur seberapa besar kontribusi komponen teknologi dalam proses transformasi input menjadi output dengan menggunakan pendekatan Teknometrik dan metode AHP (Analytical Hierarchy Process) berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan. Pengaplikasian pendekatan Teknometrik dan AHP untuk pengukuran kontribusi teknologi tersebut dilakukan di PT.Multiplast Jaya Tatamandiri, Sidoarjo. Setelah mendapatkan kontribusi komponen teknologi, selanjutnya ditentukan prioritas komponen teknologi yang terkait dan perlu dikembangkan berdasarkan analisa terhadap gap tiap komponen teknologi. Metode yang digunakan untuk pembobotan pada tahap ini adalah metode entropy. Hasil pengukuran kontribusi komponen teknologi menunjukkan nilai kontribusi untuk masing-masing komponen teknologi yaitu technoware 0.69, humanware 0.76, inforware 0.79 dan orgaware 0.76. Dan berdasarkan analisa terhadap gap tiap komponen teknologi, komponen teknologi yang menjadi prioritas untuk dikembangkan adalah komponen technoware, terutama pada proses heading dan punching. Kata kunci : Teknologi, Komponen Teknologi, Teknometrik, AHP, entropy
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Udisubakti C.,M.EngSc;Arief Rahman, ST
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous