Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pengukuran Kualitas Jasa yang Berbasis Waktu dengan Metode Time Based Competition dan Penetapan Sasaran Pemasaran dengan Konsep Segmentasi, Positioning dan Targeting (Studi Kasus di Perusahaan Kurir-999)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pengukuran Kualitas Jasa yang Berbasis Waktu dengan Metode Time Based Competition dan Penetapan Sasaran Pemasaran dengan Konsep Segmentasi, Positioning dan Targeting (Studi Kasus di Perusahaan Kurir-999)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Aldian Nurcahyo
Subject(s) Service Quality
Classification 658.562
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2003
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Persaingan bisnis di bidang jasa semakin ketat , termasuk jasa pengiriman dokumen atau paket dalam kota (city courier) yang semakin marak dengan banyaknya perusahaan lokal yang berdiri di kota Surabaya. Perusahaan menyadari bahwa ia tidak dapat melayani seluruh pelanggan yang ada di pasar. Para pelanggan terlalu banyak dan berbeda-beda dalam persyaratan pembelian mereka. Pemberian nilai terbanyak dengan biaya terendah dalam jumlah waktu terkecil adalah paradigma baru untuk susksesnya perusahaan. Penelitian ini di titik beratkan pada dua hal, yang pertama adalah menerapkan pasar sasaran, dengan menggunakan analisis segmentasi, positioning, dan targeting. . Yang kedua adalah mengukur kualitas jasa dengan metode Time Based Competiton dengan mengukur Time to Customer perusahaan Kurir 999 dan membandingkannya dengan kompetitor. Yang pada akhirnya akan diberikan rekomendasi perbaikan terhadap Time To Customer perusahaan Kurir 999 dengan mempertimbangkan potensi dan sumber daya perusahaan. Proses identifikasi segmen pasar dilakukan dengan metode K-mean Cluster. Proses identifikasi struktur benefit tiap segmen pasar dilakukan dengan metode cluster mean analysis. Proses identifikasi profil segmen dilakukan dengan menggunakan variabel demografis dan psikograifis pelanggan (crosstab). Analisis terhadap situasi persaingan antar perusahaan diterjemahkan dalam bentuk sebuah peta persepsi (multidimensional scaling). Pemberian nama dimensi yang sesuai untuk peta persepsi dilakukan dengan metode linear multiregression. Proses pengukuran Time To Customer dilakukan dengan melakukan obsevasi pada saat proses jasa sedang berlangsung, untuk tiap-tiap alur operasi jasa yang ada pada blue print jasa perusahaan Kurir 999. Data yang diperoleh berupa lama waktu untuk tiap-tiap alur operasi jasa pada satuan jam, menit dan detik. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini dengan melihat tujuan utama perusahaan dan struktur benefitnya, Segmen 1 ditetapkan sebagai target pasar dan mempunyai karakteristik mengutamakan atribut jasa kecepatan dokumen sampai tujuan. Dari pengukuran Time To Customer diperoleh data bahwa untuk proses pengiriman, proses cek fisik dan sortir, proses laporan data pengiriman, serta proses laporan pengambilan dan entry data adalah operasi jasa yang memakan waktu paling lama bila di bandingkan yang lainnya. Rekomendasi perbaikan Time To Customer yang paling memungkinkan untuk saat ini adalah dengan melakukan sub order ke perusahaan lain ketika jumlah order di atas kapasitas pengiriman dan keuntungan yang bisa diperoleh adalah dapat mengurangi waktu proses pengiriman. Kata Kunci : Time Based Competition, Time To Customer, Segmentasi, Positioning Targeting, dan City courier.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Bambang Syairuddin, MT
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous