Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisis Penggunaan Metode Fuzzy MCDM dan Zero-One Goal Programming dalam Pemilihan Pembelian Software (Studi Kasus : PT. Alstom Power Esi)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisis Penggunaan Metode Fuzzy MCDM dan Zero-One Goal Programming dalam Pemilihan Pembelian Software (Studi Kasus : PT. Alstom Power Esi)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Syarif Hidayat
Subject(s) DECISION MAKING
MCDM
Classification 658.403
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2003
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Dalam memenuhi kebutuhan perusahaan terhadap perkembangan dan persaingan pasar global yang semakin cepat dan semakin ketat maka dibutuhkan pengembangan-pengembangan teknologi yang tepat yang mampu mengimbangi kebutuhan tersebut. Pengembangan teknologi yang tepat mempunyai peranan yang penting untuk memenuhi kebutuhan perusahaan. Dengan pengembangan teknologi yang tepat, perusahaan akan mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas yang berimbas pada peningkatan produktivitas sekaligus meningkatkan daya saing perusahaan terhadap persaingan pasar global. Salah satu bagian yang cukup signifikan terhadap isu pengembangan teknologi adalah bagian design produk. Sedangkan salah satu cara utamanya adalah memperbaiki tool yang dipergunakan. Perbaikan Tool untuk proses design produk disini antara lain adalah dengan membeli software yang sesuai. Kesalahan dalam menentukan pilihan ini akan berakibat sangat buruk bagi perusahaan, Selain hilangnya biaya yang digunakan dalam pembelian software tersebut (yang jumlahnya biasanya cukup besar), juga software yang telah dibeli tersebut tidak dapat digunakan dengan maksimal atau bahkan tidak berguna sama sekali. Penelitian ini mencoba memberikan informasi dan saran/usulan kepada perusahaan tentang bagaimana cara pemilihan pembelian software yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan berdasarkan preferansi perusahaan melalui pembentukan kriteria-kriteria yang yang tepat. Selain itu juga memberi masukan perankingan/priortas alternatif pembelian software dari yang terbaik sampai dengan yang terjelek dengan menggunakan metode fuzzy Multi Criteria Decision Making. Dengan metode tersebut diharapkan didapatkan alternatif paling tepat bagi perusahaan sehingga pembelian tidak sia-sia dan dapat digunakan secara efektif dan efisien sesuai dengan keinginan perusahaan. Hasil dari Metode Fuzzy Multi Criteria Decision Making tersebut belum mempertimbangkan kendala yang dimiliki oleh perusahaan misalnya ketersediaan dana. Dalam penelitian ini diusulkan penggunaan Metode Zero-One Goal Programming untuk mengatasi kelemahan yang diketemukan dari penggunaan Metode Fuzzy MCDM. Dengan demikian optimasi pemilihan software sesuai dengan target dan konstrain yang dimiliki perusahaan. Kata kunci : Pengembangan Teknologi, Pemilihan Software, Fuzzy Multi Kriteria Decision Making, zero-one goal programming.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Udisubakti C.,M.EngSc
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous