Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Strategi Penyadaran Publik Terhadap Penggunaan Green Product dengan Menggunakan Pendekatan Soft System Methodology (SSM)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Strategi Penyadaran Publik Terhadap Penggunaan Green Product dengan Menggunakan Pendekatan Soft System Methodology (SSM)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Yuli Hendrawan
Subject(s) PRODUCT DESIGN
SUSTAINABLE MANUFACTURING
Classification 658.575 2
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2003
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Dalam upaya meningkatkan kualitas lingkungan dan penjagaan lingkungan agar tetap baik, diperlukan upaya – upaya yang serius. Alam yang semakin lama menunjukkan penurunan kualitas harus segera diupayakan untuk ditanggulangi. Sebagai salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh semua masyarakat, adalah dengan mengkonsumsi produk – produk yang ramah lingkungan ( green product ). Upaya ini adalah untuk menyikapi kebutuhan manusia yang terus bertambah, yang tentunya akan menambah pula sampah dan pencemaran lingkungan. Dengan mengkonsumsi green product kebutuhan masyarakat tetap terpenuhi dan lingkungan lebih terjaga dari pencemaran.. Sebuah prediksi bahkan mungkin sebuah kenyataan, bahwa masih banyak masyarakat yang belum mengetahui dan belum sadar akan pentingnya mengkonsumsi green product. Berlatar belakang inilah, yang menyebabkan pentingnya langkah – langkah yang dapat mengarah ke penyadaran masyarakat akan pentingnya green product. Dalam penelitian ini akan mencoba untuk mengungkap tentang sejauh mana kesadaran masyarakat, dan siapa yang memiliki peran dalam melakukan proses penyadaran publik ( public awareness ) ini. Dari data – data riil yang diambil dari lapangan kemudian akan dirumuskan sebuah strategi yang dapat mengubah paradigma publik dengan memanfaatkan peran komponen – komponen masyarakat perubah tadi. Untuk melakukan langkah yang strategis itu harus dijalankan secara sistematis agar semua langkah bisa terorganisir dengan baik dan berjalan sesuai dengan apa yang dikehendaki. Sehingga penelitian ini akan menggunakan Soft System Methodology ( SSM ) untuk membuat conceptual model dari strategi penyadaran publik. Hasil pengumpulan sekaligus perhitungan menunjukkan bahwa Masyarakat masih banyak yang berada di level kurang sadar. Pembagian level ini terdiri dari 4 level yaitu level 1 adalah level sadar dan level 1.3, level 1.7 dan level 2 adalah level tidak sadar. Dari situ kemudian dibuat rancangan model strategi penyadaran dengan menggunakan SSM, dengan komponen perubah adalah lembaga pendidikan, lembaga pemerintahan, industri dan media massa. Kata kunci : Green product, Soft System Methodology ( SSM ), Strategy of Public Awareness
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Sri Gunani Partiwi, MT
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous