Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pemilihan dan Evaluasi Supplier Berdasarkan Karakteristik Spare Parts di Perusahaan Otobus (Studi Kasus : CV. PO. Harapan Jaya Tulungagung)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pemilihan dan Evaluasi Supplier Berdasarkan Karakteristik Spare Parts di Perusahaan Otobus (Studi Kasus : CV. PO. Harapan Jaya Tulungagung)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Iit Hadi Winarno
Subject(s) Logistic Management
Supplier Selection
Classification 658.7
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2003
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Pelayanan yang memuaskan merupakan kunci untuk memenangkan persaingan antar perusahaan khususnya yang bergerak dalam bidang jasa. Untuk itu perusahaan harus bisa untuk memberikan ‘sesuatu’ yang lebih bagus ( added value ) dari pesaingnya. Hal ini akan relatif lebih mudah jika didukung dengan aktifitas perusahaan yang berjalan dengan efektif dan efisien. Diantaranya yang cukup efektif adalah pemilihan supplier yang tepat untuk kebutuhan spare parts perusahaan. Karena spare parts yang bermacam – macam dengan karakteristik yang berbeda- beda idealnya akan memerlukan jenis supplier yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengelompokan spare parts dan mengidentifikasi karakteristik supplier ideal yang digunakan, diawali dengan mencari bobot korelasi antara karakteristik spare parts dengan kriteria pemilihan supplier yang di-generate sebelumnya. Korelasi ini hampir sama dengan relationship yang ada di HOQ. Selanjutnya dari korelasi yang dihasilkan akan diketahui bobot kriteria pemilihan supplier untuk masing – masing kelas, dari hasil itu dapat dilihat karakteristik supplier yang sebaiknya digunakan jika dibutuhkan spare parts dengan spesifikasi yang sesuai dengan kelas – kelas yang terbentuk. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa secara umum kriteria yang diutamakan dalam pemilihan supplier adalah quality product, selanjutnya terdapat beberapa kombinasi kriteria yang merupakan 3 urutan pertama diprioritaskan pada 16 kelas tersebut. Dari hasil penelitian juga diketahui bahwa ada beberapa kelas yang memiliki urutan prioritas kriteria pemilihan supplier yang sama, bahkan sampai pada nilai bobot pada masing – masing kriterianya, sehingga hanya didapatkan 12 kelas yang mempunyai nilai bobot kriteria pemilihan supplier yang benar – benar berbeda, meskipun masih ada beberapa kelas yang urutan prioritas kriteria pemilihan supplier-nya sama. Kata Kunci : Klasifikasi spare parts, pemilihan supplier, relationship HOQ
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. I Nyoman Pujawan, M.Eng
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous