Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan dan Implementasi Sistem Pengukuran Kinerja dengan Metode Performance Prism di Hotel X Surabaya
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan dan Implementasi Sistem Pengukuran Kinerja dengan Metode Performance Prism di Hotel X Surabaya
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Dian Tanukhidah
Subject(s) Performance Measurement
Classification 658.151 1
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2003
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Pengukuran kinerja merupakan salah satu kegiatan rutin perusahaan yang dilakukan dengan tujuan untuk mengevaluasi kinerjanya dalam suatu periode tertentu. Namun yang seringkali dijumpai, perusahaan hanya melakukan pengukuran kinerja pada aspek finansial saja, dimana selama perusahaan bisa menghasilkan profit, maka dianggap kinerja perusahaan sudah baik. Kondisi ini juga dialami oleh Hotel X Surabaya, pengukuran kinerja hanya berdasarkan pada peningkatan room sales saja tanpa memandang tolak ukur yang lain. Oleh karena itu perlu dirancang ulang suatu sistem pengukuran kinerja yang memperhatikan aspek finansial dan non – finansial. Metode yang digunakan adalah Metode Performance Prism yang mampu mengukur kinerja perusahaan secara lebih terintegrasi yaitu dengan melihat 5 sudut pandang suatu perusahaan dari sisi kepuasan dan kontribusi stakeholder, strategi, proses, serta kemampuan yang dimiliki oleh perusahaan. Hasil rancangan pada penelitian ini menunjukkan bahwa stakeholder daripada Hotel X Surabaya yang dapat diidentifikasi meliputi customer, staff manajerial dan operasional, supplier, investor, serta pemerintah dan masyarakat di sekitar lingkungan hotel. Dari setiap stakeholder tersebut kemudian diidentifikasi kepuasan serta kontribusinya masing – masing, yang nantinya akan dikembangkan untuk mengidentifikasikan indikator – indikator kinerja yang disebut KPI (key performance indicator). Adapun di dalam KPI tersebut akan mengandung strategi, proses, serta kemampuan perusahaan. KPI yang didapatkan adalah sebanyak 36 KPI yang terdiri dari 6 KPI customer, 9 KPI staff manajerial, 9 KPI staff operasional, 4 KPI supplier, 3 KPI investor, serta 5 KPI pemerintah dan masyarakat di sekitar lingkungan hotel. Dan dari 36 KPI tersebut, setelah dilakukan try – out pengukuran melalui proses scoring system dan traffic light system diperoleh hasil bahwa 10 indikator kinerja targetnya sudah tercapai dan bahkan melebihi dari target yang telah ditentukan ( warna hijau ), 17 indikator kinerja pencapaiannya berada diantara range target yang ditentukan ( warna kuning ), serta 9 indikator kinerja yang pencapaiannya masih di bawah target yang ditentukan ( warna merah ) sehingga masih diperlukan banyak perbaikan – perbaikan. Adapun dari hasil scoring system ini nilai daripada current performance indicator yang telah dicapai oleh Hotel X Surabaya adalah sebesar 5,075. Kata Kunci : Pengukuran Kinerja, Performance PRISM, Hotel.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Iwan Vanany, ST., MT
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous