Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisa Keputusan Konsumen dan Penentuan Tingkat Prioritas Kompetitif Menggunakan Indeks Potensial gain Customer Value (Studi Kasus di Mayura Fitness Centre Surabaya)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisa Keputusan Konsumen dan Penentuan Tingkat Prioritas Kompetitif Menggunakan Indeks Potensial gain Customer Value (Studi Kasus di Mayura Fitness Centre Surabaya)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Ronald A.H. Sitanggang
Subject(s) Service Quality
Classification 658.562
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2003
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Sebagai salah satu industri penyedia fasilitas layanan kebugaran tubuh, yang langsung berhubungan dengan konsumen, Mayura Fitness Centre Surabaya, saat ini sedang berusaha untuk meningkatkan kualitas pelayanannya terhadap setiap pelanggan. Usaha ini dilakukan untuk dapat mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan juga untuk menarik pelanggan baru. Untuk dapat memberikan kualitas yang memuaskan pelanggan, usaha-usaha perbaikan haruslah berorientasi pada pelanggan. Pihak manajemen perlu mengetahui persepsi pelanggan mengenai kualitas pelayanan yang ada saat ini dan apa yang menjadi keinginan pelanggan dari pelayanan yang diberikan. Usaha untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan dapat dilakukan dengan menggunakan nilai indeks Potential Gain in Customer Value (PGCV), yang diawali dengan perhitungan gap yang terjadi antara persepsi dan harapan pelanggan. Dari nilai indeks PGCV didapatkan urutan variabel-variabel pelayanan yang perlu segera diperbaiki kualitasnya. Perhitungan tingkat prioritas kompetitif juga diperlukan dalam rangka bersaing dengan perusahaan-perusahaan yang menyediakan pelayanan yang sama. Perhitungan tingkat prioritas kompetitif dilakukan dengan menggunakan metode Entropi. Dari metode ini dapat diketahui variabel-variabel kualitas pelayanan dari pusat kebugaran Mayura yang kualitasnya hampir sama dengan pusat kebugaran lain, yang selanjutnya dapat dilakukan usaha perbaikan pada variabel-variabel tersebut untuk dapat meraih keuntungan kompetitif. Hasil dari penelitian dengan menggunakan metode indeks PGCV menunjukkan bahwa nilai indeks PGCV tertinggi ada pada variabel kemudahan untuk menyampaikan keluhan kepada pihak manajer. Sedangkan dari pendekatan metode Entropi, variabel penerangan lampu yang ada di kamar ganti menempati posisi pertama. Kedua variabel inilah yang akan mendapatkan prioritas utama untuk ditingkatkan kualitasnya. Kata kunci : gap, indeks PGCV terbobot, tingkat prioritas kompetitif
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Lantip Trisunarno, MSIE;Arief Rahman, ST
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous