Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Prediksi Pangsa Pasar dan Perumusan Strategi Pemasaran dengan Menggunakn Rantai Markov untuk TELKOMfleksi
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Prediksi Pangsa Pasar dan Perumusan Strategi Pemasaran dengan Menggunakn Rantai Markov untuk TELKOMfleksi
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Evi Ariyanty P.
Subject(s) Marketing Strategy
Classification 658.8
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2003
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info TELKOMFlexi merupakan produk layanan baru PT TELKOM yang menggunakan teknologi Wireless CDMA. “TELKOMFlexi” ini menghadirkan kecanggihan fasilitas yang memungkinkan pelanggan dapat melakukan komunikasi suara dan data dengan kecepatan tinggi. Produk “TELKOMFlexi” ini diluncurkan untuk mengisi gap yang terjadi antara telepon rumah (fixed line) dan mobile phone. Dengan diluncurkannya produk layanan baru ini perusahaan memerlukan suatu informasi seberapa besar penerimaan masyarakat terhadap produk layanan baru ini yang menjadi gambaran pangsa pasar dan menjadi bahan pertimbangan dalam menyusun strategi pemasaran. Metode rantai Markov merupakan salah satu alat analisis yang dapat dipergunakan untuk mengetahui pencapaian pangsa pasar (market share) produk terhadap produk pesaing untuk jangka waktu tertentu di masa yang akan datang beserta pola perubahan pasar yang terjadi hingga kondisi steady state (kemantapan) tercapai. Namun karena “TELKOMFlexi” baru diluncurkan dan masih belum banyak masyarakat yang mengetahuinya, prediksi pangsa pasar “TELKOMFlexi” ini didasarkan pada tingkat ketertarikan konsumen dan tidak dibandingkan dengan pangsa pasar produk pesaing. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuisioner untuk mengetahui tingkat ketertarikan konsumen terhadap “TELKOMFlexi”, atribut yang dipentingkan untuk produk layanan “TELKOMFlexi” dan media promosi pilihan penduduk Surabaya yang akan digunakan untuk perumusan strategi pemasaran. Dalam penelitian kali ini, selain digunakan analisa Rantai Markov, baik Markov Order Satu (First Order Markov) dan Markov Order Tinggi (High Order Markov) sebagai alat analisa utama, juga digunakan beberapa alat analisa yang lain, yaitu analisa tingkat kepentingan atribut (menggunakan expected value dan mean comparison) dan analisa ketergantungan (crosstab). Dari hasil analisa metode rantai Markov order satu diperoleh pangsa pasar untuk produk layanan “TELKOMFlexi” sebesar 19%, dan dengan metode rantai Markov order tinggi diperoleh pangsa pasar produk layanan “TELKOMFlexi” sebesar 18,74%, sedangkan berdasarkan hasil survey diperoleh pangsa pasar untuk produk ini sebesar 4,3%. Hasil dari analisa mean comparison dan expected value bahwa atribut yang dipentingkan dari produk layanan ini oleh masyarakat Surabaya adalah tarif pulsa serta media promosi yang paling menarik menurut masyarakat Surabaya adalah televisi. Hasil tersebut selanjutnya digunakan sebagai bahan pertimbangan penyusunan strategi pemasaran “TELKOMFlexi” dengan menekankan pada atribut tarif pulsa yang murah agar masyarakat lebih banyak yang tertarik pada produk layanan baru ini. Kata kunci : Rantai Markov, Pangsa Pasar, First Order Markov Chain, High Order Markov Chain, Strategi Pemasaran
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Hari Supriyanto, MSIE
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous