Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Implementasi Pendekatan ANP (Analytic Network Process) dalam Metode Teknometrik untuk Analisa Kandungan Teknologi (Studi Kasus : PT. Platinum Ceramics Industry)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Implementasi Pendekatan ANP (Analytic Network Process) dalam Metode Teknometrik untuk Analisa Kandungan Teknologi (Studi Kasus : PT. Platinum Ceramics Industry)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Dessy Handayani
Subject(s) DECISION MAKING
Classification 658.403
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2003
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Teknometrik adalah salah satu metode pengukuran untuk mengevaluasi kontribusi komponen teknologi. Komponen teknologi tersebut terdiri dari technoware, humanware, inforware dan orgaware. Alkadri, et al. (2001) dan Pandey (1998) telah mengadopsikan metode pengukuran yang disebutkan di atas, mereka menggunakan pendekatan AHP untuk mengevaluasi tingkat kepentingan komponen teknologi dalam proses transformasi input menjadi output. Bagaimana pun, penggunaan AHP dalam kasus ini menciptakan suatu kelemahan yang nyata, seperti asumsi tentang independensi antara kluster dan elemen-elemen keputusan. Pada kenyataannya, beberapa komponen dari elemen dalam komponen teknologi saling mempengaruhi satu dengan yang lainnya. Penelitian ini mengajukan hipotesa tentang terdapatnya hubungan interdependensi antara komponen teknologi dan elemen-elemen di dalamnya. Oleh karena itu penelitian ini mencoba menjajagi kemungkinan implementasi ANP (Analytic Network Process) dalam metode teknometrik untuk mengukur kontribusi teknologi. Metode ANP adalah suatu metode pengembangan AHP yang menggunakan pendekatan feedback, sehingga dapat diketahui hubungan interdependensi antara komponen teknologi dan elemen-elemen di dalamnya. Untuk mendemonstrasikan validitas model yang diusulkan, PT. Platinum Ceramics Industy dijadikan sebagai obyek dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen teknologi atau hampir semua elemen di dalamnya membentuk hubungan multiarah, yang berarti terdapat interdependensi di antara komponen dan elemen-elemen tersebut. Hal ini membuktikan bahwa pendekatan ANP dapat digunakan dalam kasus ini. Koefisien kontribusi teknologi (TCC) di PT. Platinum Ceramic Industry sebesar 0.81, dengan kontribusi komponen technoware sebesar 0.86, humanware sebesar 0.88, orgaware sebesar 0.8, dan inforware sebesar 0.69. Kata kunci : Analytic Network Process, teknometrik, multi arah
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Udisubakti C.,M.EngSc
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous