Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisa Pemasaran dengan Pendekatan Rantai Markov dan Pengukuran Ekuitas Merek pada Produk Jamu Tradisional Banyuwangi (Studi Kasus Jamu Putri Sakti)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisa Pemasaran dengan Pendekatan Rantai Markov dan Pengukuran Ekuitas Merek pada Produk Jamu Tradisional Banyuwangi (Studi Kasus Jamu Putri Sakti)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Sari Wahyudi
Subject(s) MARKETING MANAGEMENT
Classification 658.8
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2003
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Banyuwangi mempunyai produk unggulan daerah yaitu jamu tradisional. Dalam perkembangnya, jamu Banyuwangi memiliki telah memeperoleh nama di pasar. Sangat penting kita melakukan penelitian untuk memberikan kontribusi bagi pengembangan produk unggulan daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pasar, pengukuran pangsa pasar produk jamu tradisional Banyuwangi, dan pengukuran ekuitas merek Jamu Putri Sakti. Penelitian ini menggunakan metode analisis ketergantungan, analisis faktor, analisis rantai markov order satu dan analisis markov order tinggi, serta analisis ekuitas merek. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuisioner untuk merigetahui suara konsumen. Analisis faktor menghasilkan variabel kemujaraban, dapat mengembalikan stamina, dan dapat menghilangkan pegal linu sebagai faktor utama. Analisis markov order satu menghasilkan pangsa pasar pada kondisi kemantapan adalah Jamu Akar Daun mengukuhkan posisi market leader, Jamu Widoro Putih menduduki posisi market challanger, dan Jamu Putri Sakti menduduki market follower. Kondisi kemantapan analisis markov order tinggi menghasilkan pangsa pasar yang hampir sama. Brand awareness menempatkan Jamu Putri Sakti setelah Jamu Akar Daun dan Jamu Widoro Putih. Jamu Putri Sakti diasosiasikan sebagai jamu yang mujarab dapat mengembalikan stamina dan dapat menghilangkan pegal linu. Rata rata performance Jamu Putri Sakti masih lebih rendah dibanding rata rata importance. Hasil pengukuran loyalitas merek yaitu switcher (21.20%), habitual buyer (54.40%), satisfied buyer (59.600/o), liking the brand (54.80%), dan commited buyer (28.80%). Bauran pemasaran yang tepat bagi Jamu. Putri Sakti yaitu memperkuat image sebagai jamu yang mujarab, dapat mengembalikan stamina, dan dapat menghilangkan pegal linu. Harga ditetapkan pada kisaran harga pesaing, peningkatan distribusi melalui memperlancar pasokan produk, dan promosi melalul radio dan koran/ majalah. Jamu Putn Sakti disarankan untuk menggunakan strategi menyerang untuk meningkatkan perolehan pasarnya. Key word : marketing management, markov chain analysis, brand equity.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Eko Nurmianto, M.EngSc.DERT
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous