Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisis Manajemen Teknologi pada Industri Kertas dengan Pendekatan Technology Contribution Coefficient (TCC) dan Benefit Cost Ratio (Studi Kasus : PT. Kertas Leces (Persero))
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisis Manajemen Teknologi pada Industri Kertas dengan Pendekatan Technology Contribution Coefficient (TCC) dan Benefit Cost Ratio (Studi Kasus : PT. Kertas Leces (Persero))
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Dian Pusporini
Subject(s) MANAGEMENT OF TECHNOLOGY
Classification 658.403 55
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2003
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Memasuki abad ke-21 perubahan teknologi demikian cepat dan kompleks. Hal ini menjadikan teknologi sebagai faktor kritis dalam persaingan global. Manajemen teknologi sangat penting bagi perusahaan karena teknologi mempengaruhi daya saing suatu perusahaan. Teknologi mempengaruhi kualitas produk yang dihasilkan sebagaimana produk tersebut dibuat sedang manajemen menyediakan kemampuan organisasional dan pengetahuan untuk melakukan aktivitas operasional dan keduanya perlu diintegrasikan agar perusahaan dapat mencapai tujuannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa manajemen teknologi pada industri kertas dengan menggunakan pendekatan Technology Contribution Coefficient (TCC) dan Benefit Cost Ratio di PT. Kertas Leces (Persero). Komponen teknologi yang diukur meliputi technoware, humanware, inforware, dan orgaware. Industri yang dijadikan obyek penelitian adalah industri kertas karena kertas merupakan komoditi yang dibutuhkan oleh segala lapisan masyarakat. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa technoware di PT. Kertas Leces (Persero) memberikan kontribusi terbesar pada Technology Contribution Coefficient (TCC) namun status teknologi di PT. Kertas Leces (Persero) secara keseluruhan masih lebih rendah dibandingkan dengan teknologi yang dijadikan state-of-the-art. Untuk meningkatkan kinerja technoware tersebut diusulkan penggantian disc filter di Paper Machine V dan untuk mengetahui kelayakan proyek tersebut dilakukan pendekatan B/C rasio dan memberikan B/C sebesar 17.12. Artinya alternatif perbaikan technoware dengan penggantian disc filter di Paper Machine V layak untuk dilaksanakan. Kata kunci : Manajemen Teknologi, Technology Contribution Coefficient (TCC), Technoware, Humanware, Inforware, Orgaware, State-of-the-art, Benefit Cost Ratio, kertas
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Udisubakti C.,M.EngSc
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous