Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan Strategi Pemasaran Berorientasi Ekuitas Merek dan Pendekatan Markov Chain (Studi Kasus terhadap Merek Nokia di Surabaya)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan Strategi Pemasaran Berorientasi Ekuitas Merek dan Pendekatan Markov Chain (Studi Kasus terhadap Merek Nokia di Surabaya)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Sherry Primi Desta
Subject(s) Marketing Strategy
Classification 658.8
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2003
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Persaingan ketat yang terjadi dalam pasar telepon seluler ini terutama diduga diakibatkan oleh tingginya tingkat pergantian merek, perlu untuk dilakukan analisa perilaku konsumen pengguna telepon genggam, pangsa pasar merek Nokia dan pola perpindahannya dengan menggunakan aplikasi metode Rantai Markov. Disamping itu juga perlu diketahui tingkat kompetitif merek Nokia terhadap merek-merek kompetitornya berdasarkan prediksi perolehan pangsa pasar dan pencapaian nilai ekuitas mereknya serta merumuskan strategi pemasaran berdasarkan prediksi pangsa pasar. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuisioner ke pengguna telepon seluler di wilayah Surabaya untuk mengumpulkan data karakteristik pembelian konsumen, nilai ekuitas merek serta besarnya pangsa pasar yang diperoleh. Untuk mengetahui karakteristik pembelian konsumen dilakukan analisa tabulasi silang. Perilaku konsumen yang paling dominan adalah menjadikan media cetak sebagai sumber informasi tentang produk Nokia dalam menentukan keputusan pembelian. Keputusan tersebut didasarkan pada segi fungsi dan kegunaan telepon genggam. Terdapat kecenderungan bahwa konsumen yang merasa bosan dengan telepon genggam yang digunakan akan beralih ke tipe lain tanpa berganti merek. Pada umumnya masa pakai telepon genggam tersebut antara 6 bulan – 1 tahun sebelum konsumen berganti tipe/merek. Pengukuran ekuitas merek dilakukan terhadap 4 dimensi utamanya, yaitu brand awareness, brand association, perceived quality, dan brand loyalty. Hasil dari ekuitas merek ini menyatakan bahwa posisi Nokia terhadap merek-merek kompetitornya berada pada posisi yang sangat baik. Hal ini terlihat dari Top of Mind Nokia yang berada pada urutan teratas. Kemudian dilanjutkan dengan melakukan prediksi perolehan pangsa pasar dengan menggunakan metode Rantai Markov. Prediksi pangsa pasar ini bermanfaat untuk melihat posisi masing-masing merek di pasaran. Dari hasil yang diperoleh diketahui pangsa pasar masing-masing merek pada kondisi ekuilibrium yaitu pada periode ke-18 adalah Nokia tetap menjadi market leader dengan perolehan pangsa pasar sebesar 57.89%, Siemens memperoleh 20.84% dan tetap menjadi market challenger, Ericsson 10.55% berposisi sebagai market follower, sedangkan untuk Motorola, Samsung, Philips, dan Sagem menduduki posisi sebagai market nicher dengan perolehan pangsa pasar masing-masing sebesar 5.17% untuk Motorola, 5.29% untuk Samsung, 0.54% untuk Philips, sedangkan Sagem tidak memperoleh pangsa pasar sama sekali. Penelitian ini memberikan suatu rekomendasi strategi pemasaran yang menitikberatkan pada aspek karakteristik konsumen, pencapaian ekuitas merek dan potensi pasar yang ada. Posisi Nokia sebagai market leader merupakan suatu keuntungan untuk dapat menerapkan strategi emasaran yang direkomendasikan secara optimal. Kata kunci: Rantai Markov, Ekuitas Merek, Pangsa Pasar
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Sri Gunani Partiwi, MT
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous