Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan Penilaian Kinerja Karyawan Berdasarkan Kompetensi Spencer denga Metode Analytical Hierarchy Process (Studi Kasus di Sub Dinas Pengairan, Dinas Pekerjaan Umum, Kota Probolinggo)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan Penilaian Kinerja Karyawan Berdasarkan Kompetensi Spencer denga Metode Analytical Hierarchy Process (Studi Kasus di Sub Dinas Pengairan, Dinas Pekerjaan Umum, Kota Probolinggo)
Edition
Call Number 2004/01
ISBN/ISSN
Author(s) Sanusi Sapuan
Subject(s) Performance Measurement
Classification 658.151 1
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2004
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Penelitian ini tentang sistem penilaian kinerja karyawan dilakukan di Dinas Pekerjaan Umum Kota Probolinggo, khususnya Sub Dinas Pengairan untuk karyawan level bawah (karyawan kontrak). Selama ini pemberian insentif di Sub Dinas tersebut tidak didasarkan atas kinerja karyawan. Selanjutnya dirancang sistem penilaian kinerja karyawan berbasis kompetensi, khususnya kompetensi Spencer. Dimensi penilaian Spencer diintegrasikan dengan DP3 dan Competencies for Executive Leadership Development. Kriteria dikelompokkan menjadi : kemampuan manajerial dan teknik. Kriteria diolah menggunakan Software Expert Choice. Hasilnya bobot kriteria utama : manajerial (0.200) dan teknik (0.800) dan kriteria kompetensi : disiplin (0.318), melayani (0.289), berprestasi (0.151), proaktif (0.140), komitmen pada organisasi (0.102), memimpin (0.500) dan kerjasama (0.500). Sistem penilaian Spencer (usulan) dibandingkan dengan DP3 (Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan) yang didasarkan atas aspek skala, dimensi, manfaat, legalitas dan kemudahan. Pengolahan Software Expert Choice menghasilkan bobot : skala (0.127), dimensi (0.344), manfaat (0.157), legalitas (0.170) dan kemudahan (0.202), dari bobot tersebut dimensi merupakan aspek yang paling sensitif. Sedangkan kedua metode penilaian tersebut mempunyai bobot : metode kompetensi Spencer (0.672) dan metode DP3 (0.328). Sistem insentif yang tepat adalah sistem insentif pembagaian laba, dimana insentif yang diterima didasarkan atas peningkatan prestasi kinerja karyawan dari hasil penilaian kinerja karyawan.. Kata Kunci : penilaian kinerja karyawan, kompetensi, insentif, metode analytical hierarchy process.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Eko Nurmianto, M.Eng.Sc.DERT;Nurhadi Siswanto, ST.,MSIE
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous