Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisis Perancangan Prosedur Inspeksi C-Check Pesawat Fokker F-28 PT. Merpati Nusantara Airlines dengan Pendekatan Metode Six Sigma (Studi Kasus di Merpati Maintenance Facility)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisis Perancangan Prosedur Inspeksi C-Check Pesawat Fokker F-28 PT. Merpati Nusantara Airlines dengan Pendekatan Metode Six Sigma (Studi Kasus di Merpati Maintenance Facility)
Edition
Call Number 2004/08
ISBN/ISSN
Author(s) Syafrizal
Subject(s) Inspeksi Maintenance C-Check F-28
Six Sigma
Classification 658.562
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2004
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info C Check adalah perawatan pesawat berkala (scheduled maintenance) atau preventive maintenance yang dilakukan di hangar (aircraft dock in) pada setiap 250 jam terbang. Bagian-bagian yang diperiksa pada C Check ini telah ditentukan oleh manajemen sebagai standard spesifikasi perawatan pesawat. Dalam pelaksanaan C Check masih sering dijumpai penyimpangan-penyimpangan (defects). Ini tidak sesuai dengan konsep preventive maintenance yang mengupayakan “Zero Defect”. Penelitian ini menggunakan teori six sigma dalam rangka mereduksi jumlah defect findings pada pelaksanaan inspeksi perawatan pesawat Fokker F-28. Nantinya dapat diharapkan menuju tingkat 3,4 Defects Per Million Opportunities (3,4 DPMO) yaitu tingkat kualitas Six Sigma. Hipotesa penelitian menduga bahwa pelaksanaan inspeksi perawatan “C Check” masih kurang baik, hal ini menyebabkan adanya defect findings pada pelaksanaan inspeksi perawatan tersebut. Beberapa defect findings diusulkan untuk dimasukkan sebagai bagian yang harus dilakukan pada C Check. Disusun sebuah prosedur C Check yang baru yang harus dilaksanakan oleh crew maintenance. Dengan demikian diharapkan pelaksanaan inspeksi perawatan tepat waktu, sehingga salah satu misi perusahaan yaitu “On Time Performance” dapat dicapai dimana hal ini akan berdampak terhadap kepuasan pelanggan yang menginginkan adanya ketepatan jadwal pemberangkatan pesawat. Kata kunci : Aircraft Maintenance Specification, “C Check”, Defect findings DPMO, Six Sigma, Schedule maintenance.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Mokhamad Suef M.Sc.(Eng);Ir. Arman Hakim Nasution M.Eng.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous