Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Rancangan Aplikasi Proses Produksi Terdistribusi Mandiri dengan Menerapkan Teknologi Short Message Service untuk Mendukung Pengelolaan Produksi (Studi Kasus Pembuatan BCF di PT. Industri Kereta Api)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Rancangan Aplikasi Proses Produksi Terdistribusi Mandiri dengan Menerapkan Teknologi Short Message Service untuk Mendukung Pengelolaan Produksi (Studi Kasus Pembuatan BCF di PT. Industri Kereta Api)
Edition
Call Number 2004/10
ISBN/ISSN
Author(s) Wely Mulyono
Subject(s) Information System
Classification 658.403 8
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2004
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Siklus hidup proses produksi memerlukan kestabilan yang memberikan arti kemampuan dan terkendali. Kestabilan dalam siklus hidup proses produksi sangat dipengaruhi oleh permintaan konsumen yang variatif. Fleksibilitas yang tinggi pada proses produksi dapat terjadi dengan dukungan sistem yang menunjang, serta memerlukan monitoring dan pengendalian untuk menjamin kestabilan dalam proses produksi. Dalam pembuatan sistem diperlukan kemampuan di setiap elemen produksi memiliki otonomi untuk pengambilan keputusan yang terintegrasi secara keseluruhan dan memiliki sistem pengendalian produksi yang terdistribusi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana membangun suatu sistem informasi penanganan pengendalian proses produksi mulai dari desain sampai barang tersebut diproses di departemen Produksi sehingga dapat mempercepat jalannya produksi di PT INKA Penelitian ini menggunakan metodologi life cycle. Pilihan metodologi ini merupakan pertimbangan penting dikarenakan pendekatan ini mampu menghasilkan sistem yang mudah untuk dipelihara, biaya perawatan yang rendah, fleksibel, lebih memuaskan pemakainya, serta mempunyai dokumentasi yang baik. Secara teori pendekatan ini dapat menjamin kemudahan komunikasi antara pihak yang berkepentingan dengan pengembangan seperti user sistem, analis sistem, programer sistem, juga termasuk operator sistem. Kelebihan dari pendekatan ini adalah tersedianya alat (tools) untuk mendokumentasikan sistem sejak tahap analisis, design maupun pemrograman. Dalan penelitian ini dicoba sistem input data dari departemen Produksi menggunakan sistem Sort message service, dimana sistem tersebut mengalami pengembangan yang cukup pesat dalam dunia wireless, dan juga dapat menghasilkan informasi yang riel dalam penggunaanya. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah adanya sistem baru (diperbaiki) yang menjamin pemenuhan kebutuhan user dan mampu mendukung efektifitas serta efisiensi kinerja departemen PPC yang pada gilirannya PT INKA akan relatif lebih mudah meningkatkan percepatan produksinya. Kata Kunci : Monitoring, life cycle, SMS, PT.INKA
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Moses L. Singgih, MSc, Mreg.Sc
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous