Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Evaluasi dan Usulan Perbaikan Proses Supply Chain Management dengan Pendekatan Lean Six Sigma (Studi Kasus : PT. Indofood Sukses Makmur, Bogasari Flour Mills, Surabaya)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Evaluasi dan Usulan Perbaikan Proses Supply Chain Management dengan Pendekatan Lean Six Sigma (Studi Kasus : PT. Indofood Sukses Makmur, Bogasari Flour Mills, Surabaya)
Edition
Call Number 2004/19
ISBN/ISSN
Author(s) Nila Kumalasari
Subject(s) SUPPLY CHAIN MANAGEMENT
Classification 658.5
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2004
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Penghapusan mekanisme BULOG pada tataniaga tepung terigu dan perekonomian pasar bebas, berimbas pula pada produsen tepung terigu nasional khususnya pada PT. Indofood Sukses Makmur Bogasari Flour Mills, Surabaya. Bogasari tidak memiliki pilihan selain harus melakukan langkah efisiensi kinerja supply chainnya dan mengintegrasikan keseluruhan elemen di dalamnya agar bisa tetap bertahan. Untuk mewujudkannya perlu dilakukan minimasi terhadap non value adding activity yang lazim disebut sebagai pemborosan dalam proses (waste). Oleh karena itu diperlukan suatu pendekatan yang mampu mengidentifikasi dan mereduksi pemborosan secara menyeluruh dan tepat sasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi faktor-faktor penyebab adanya inefisiensi kinerja supply chain serta memberikan usulan konsep perbaikan pada supply chain management Bogasari dengan menggunakan pendekatan lean six sigma. Tahap-tahap yang dilakukan adalah: pertama, proses identifikasi pemborosan dengan tool big picture mapping. Kedua, penggunaan tool value stream mapping yang terpilih melalui VALSAT. Yang terakhir, pemecahan masalah waste tipe defect dengan menggunakan six sigma. Dari proses analisa dapat diketahui penyebab utama pemborosan adalah perbedaan waktu pemesanan dan pengambilan terigu, karena konsumen tidak mengambil terigu sesuai waktu yang ditetapkan, sehingga mengakibatkan unpredictable inventory yang akhirnya berakibat terjadinya inventory, waiting dan defect. Setelah mengetahui penyebab permasalahan yang terjadi, diberikan usulan perbaikan untuk meminimasi panjangnya lead time dalam proses supply chain management di Bogasari Kata Kunci: Lean Six Sigma, Supply Chain Management, Non Value Adding Activity, Big Picture Mapping, Value Stream Mapping, VALSAT.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Suparno,MSIE
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous