Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Penjadualan Multi Proyek dengan Kendala Sumber Daya Menggunakan Heuristic Method (Penelitian pada PT. Petrokimia Gresik)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Penjadualan Multi Proyek dengan Kendala Sumber Daya Menggunakan Heuristic Method (Penelitian pada PT. Petrokimia Gresik)
Edition
Call Number 2004/28
ISBN/ISSN
Author(s) Sugiono
Subject(s) Algorithm
Multi Project Scheduling
Classification 658.53
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2004
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Dalam Proses penyelesaian Proyek seringkali diperlukan suatu penjadualan antar proyek yang memiliki batas waktu dan prioritas tersendiri. Pengerjaan proyek memiliki dua komponen yaitu waktu dan sumberdaya sehingga kombinasi keduanya dapat menghasilkan penyelesaian yang lebih cepat dan efisien Adapun tujuan dari penulisan thesis ini adalah mengimplementasikan AG3 Algorithm untuk melakukan penjadualan multi proyek dengan kendala sumber daya. Proses penjadualan dengan menggunakan Algoritma AG3 merupakan kombinasi Activity Control Time (ACTIM) dan Activity Control Resources (ACROS), sehingga dihasilkan penjadulan yang akan lebih baik dan cepat. Proses penyelesaian pelaksanaan proyek dengan algoritma AG3 dilakukan iterasi pada berbagai nilai bobot W antara range 0 sampai 1 dengan pemberian prioritas antar proyek yang sama besar. Iterasi penjadualan dilakukan sesuai dengan ranking AG3 tiap aktifitas dan dengan tetap memperhatikan konsistensi keberadaan network diagram. Dari hasil proses penjadualan dapat diketahui bahwa penyelesaian proyek A (Support Reinforce) membutuhkan waktu 40 jam, penyelesaian proyek B (Nozzle I dan L) membutuhkan waktu 23 jam, penyelesaian proyek C ( Blind Manhole) membutuhkan waktu 33 jam, penyelesaian proyek D (Neck Manhole) membutuhkan waktu 31 jam. Kata kunci : Algoritma AG3, multi proyek, sumberdaya terbatas
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Suparno, MSIE;Ir. I Ketut Gunarta, MT
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous