Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Penerapan Rekayasa Nilai pada Ketel Uap (Boiler) Pemasak Bakalan Kerupuk (Studi Kasus : CV. Bali Murni-Gempol Pasuruan Jawa Timur)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Penerapan Rekayasa Nilai pada Ketel Uap (Boiler) Pemasak Bakalan Kerupuk (Studi Kasus : CV. Bali Murni-Gempol Pasuruan Jawa Timur)
Edition
Call Number 2004/36
ISBN/ISSN
Author(s) Made Wijaya
Subject(s) VALUE ENGINEERING
Classification 658.155 2
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2004
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Ketel uap merupakan fasilitas produksi yang menghasilkan uap panas untuk pemasakan bakalan kerupuk, dimana dalam operasinya ketel uap mengalami banyak terjadi kehilangan energy panas. Kehilangan energi tersebut disebabkan oleh energi panas yang dialirkan pipa api ke media air kurang banyak sedangkan energi panas yang terbuang kelingkungan melalui dinding ketel uap sangat banyak. Untuk itu dilakukan modifikasi ketel uap sebagai upaya mengurangi terjadinya kehilangan energi, dengan tetap memperhatikan aspek fungsional, aspek finansial, aspek teknis dan aspek ekonomisnya. Ketel uap modifikasi merupakan hasil kreasi denga cara merubah dimensi, menambahkan atau mengganti komponen tertentu, sehingga mampu meningkatkan performansi dari ketel uap yang dibuat. Alternati desain yang dipilih untuk ketel uap adalah alternatif modifikasi yang ke-4. Modifikasi ini dapat digunakan sebagai langkah pengembangan dalam alternatif desain yang representatif dengan cara menambahkan isolasi untuk mengurangi hilangnya energi panas ke lingkungan dan mengganti bahan pipa api untuk meningkatkan jumlah aliran energi panas ke media air dalam boiler. Metode rekayasa nilai digunakan sebagai metode untuk memilih satu alternatif modifikasi pada ketel uap dan menganalisanya melalui lima tahap rencana kerja yang meliputi (1) tahap informasi, (2) tahap kreatif, (3) tahap analisa, (4) tahap pengembangan dan (5) tahap presentasi. Pada tahap analisa, dilakukan analisa terhadap 8 alternatif modifikasi ditanbah 1 desain awal, dimana desain awal diguakan sebagai patokan dalam penilaian performansi. Hasil penentuan nilai pada tahap pengembangan diperoleh bahwa alternatif modifikasi ke-4 mempunyai nilai 1,388 dengan performansi 406,78 dengan memberikan keuntungan yaitu energi panas yang dialirkan ke air dalam boiler lebih banyak, Kehilangan energi yang dapat dikurangi meningkat, dapat melakukan pemasakan lebih cepat, menguranggi penggunaan bahan bakar dan juga konstruksi menjadi lebih kuat. Kata kunci: Modifikasi, Ketel uap. Alternatif modifikasi, Rekayasa nilai,
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Hari Supriyanto, MSIE;Iwan Vanany, ST., MT
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous