Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan Model Sistem Anggaran Terintegrasi Berbasis Aplikasi Activity Based Costing dan Derivasi Raise++ pada Perguruan Tinggi (Studi Kasus pada Program S1 Jurusan Teknik Industri ITS Surabaya)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan Model Sistem Anggaran Terintegrasi Berbasis Aplikasi Activity Based Costing dan Derivasi Raise++ pada Perguruan Tinggi (Studi Kasus pada Program S1 Jurusan Teknik Industri ITS Surabaya)
Edition
Call Number 2004/38
ISBN/ISSN
Author(s) Henkie Teguh Suhendro
Subject(s) ACTIVITY BASED COSTING
Classification 658.155 2
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2004
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Paradikma baru dicanangkan Ditjen Dikti sebagai jawaban atas berbagai tuntutan yang ada, bertitik-tolak pada: kualitas, otonomi, akuntabilitas, akreditasi dan evaluasi. Dampak pelaksanaan paradikma tersebut memunculkan berbagai perubahan yang signifikan pada tata laksana operasional dan pengembangan perguruan tinggi (PT). Disyahkannya Peraturan Pemerintah (PP) No 60 tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi dan PP No 61 tahun 1999 tentang Penetapan Perguruan Tinggi Berbadan Hukum (PT. BHMN) mendorong adanya kebutuhan akan perubahan pada sistem penyusunan anggaran dan belanja PT. Suatu studi yang diarahkan pada penelusuran aktifitas dengan melibatkan berbagai sumberdaya yang dipergunakan PT dan mengacu pada proses bisnis aktual, dilaksanakan untuk merancang model aplikasi sistem anggaran dan belanja yang disertai kriteria kinerja berdasarkan derivasi RAISE++ yang merupakan konsep dasar utama bagi arah dan tujuan operasional serta pengembangan PT. Perancangan model dilakukan melalui serangkaian penelusuran aktifitas berdasarkan proses bisnis perguruan tinggi, sedang metode activity based costing (ABC) dipilih sebagai alat untuk menghubungkan aktifitas dengan biaya yang ditimbulkannya melalui berbagai pemicu biaya yang teridentifikasi. Sistem fund accounting diadopsi sebagai dasar sistem pencatatan transaksi dan pelaporan keuangan. Sedang sebagai awal pengaplikasian model ABC pengalokasian belanja pada aktifitas yang ada dilakukan dengan metode analytical hierarchy process (AHP). Selanjutnya berdasarkan hasil perancangan model aplikasi ABC akan disusun suatu model penyusunan anggaran dan belanja berbasis aktifitas dengan disertai indikator kinerja berbasis RAISE++. Sebagai obyek pembelanjaan dipilih tiga produk perguruan tinggi berdasarkan Tri Darma, yaitu: Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Penelitian yang dilakukan mengidentifikasi adanya 11 proses bisnis PT, 95 aktifitas jurusan, 10 mata anggaran operasional dan 11 mata anggaran pengembangan PT serta menetapkan Zero Based Budgeting menjadi dasar model sistem anggaran dan belanja terintegrasi berbasis aktifitas dengan indikator kinerja sesuai konsep RAISE++ yang dirancang untuk PT. Model yang dirancang sekaligus merupakan sistem anggaran dan belanja yang ditujukan untuk persiapan perubahan mekanisme dukukungan pemerintah dan perubahan status perguruan tinggi ke dalam bentuk PT. BHMN. Kata Kunci: Activity Based Costing, Fund Accounting, Analytcal Hierachy Process, Indikator Kinerja Berbasis RAISE++ serta Sistem Anggaran dan Belanja Terintegrasi PT.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Moses L. Singgih, MSc, MRegSc;Ir. Sri Gunani Partiwi, MT
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous