Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisa Tingkat Efisiensi untuk Meningkatkan Produktivitas Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dengan Metode Data Envelopment Analysis (DEA) (Studi Kasus PDAM di Propinsi Nusa Tenggara Barat)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisa Tingkat Efisiensi untuk Meningkatkan Produktivitas Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dengan Metode Data Envelopment Analysis (DEA) (Studi Kasus PDAM di Propinsi Nusa Tenggara Barat)
Edition
Call Number 2004/39
ISBN/ISSN
Author(s) Enny Ariyani
Subject(s) OPERATION RESEARCH
Classification 005
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2004
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Perkembangan sektor industri saat ini mempengaruhi perubahan cara pandang para pelaku industri. Mereka mulai memperhitungkan bagaimana cara menjalankan industri yang paling efisien. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Nusa Tenggara Barat (NTB) merupakan salah satu pelaku industri. Pemerintah telah menetapkan petunjuk teknis sebagai pedoman kerja dan mengeluarkan pedoman sistem akuntansi sebagai dasar perhitungan dan pencatatan keuangan bagi PDAM dengan tujuan untuk memudahkan pengawasan kegiatan PDAM di seluruh Indonesia, namun hasil yang diperoleh oleh PDAM di NTB belum mencapai tingkat efisiensi yang diharapkan. Periode terakhir ini dirasakan penurunan efisiensi dari 75% tahun 2002 menjadi 65% tahun 2003, hal ini disebabkan adanya keragaman aktivitas operasional dan perbedaan kondisi yang bersifat uncontrollable seperti kondisi lingkungan dan jumlah penduduk antara PDAM. Adanya permasalahan dan kesulitan dalam mencapai standard performansi juga faktor lingkungan yang bersifat uncontrollable, dirasa penting untuk melakukan pengukuran efisiensi relatif terhadap PDAM di NTB. Pengukuran Efisiensi relatif menggunakan Metode Data Envelopment Analysis (DEA), yaitu membandingkan efisiensi organisasi yang sejenis dimana efisiensi 100% tidak ditentukan oleh organisasi yang bersangkutan tetapi merujuk kepada organisasi yang menghasilkan kinerja yang baik. Hasil pengolahan DEA, didapatkan 5 (lima) PDAM di NTB yang efisien yaitu PDAM Menang Mataram, PDAM Lombok Tengah, PDAM Lombok Timur, PDAM Sumbawa dan PDAM Bima sedangkan PDAM Dompu adalah PDAM yang inefisien dengan nilai efisiensi relatifnya sebesar 0,7035333. Dalam arahan rujukan perbaikan produktivitas, PDAM Dompu mengacu pada PDAM Sumbawa dan agar PDAM Dompu dapat meningkatkan efisiensi relatifnya sebesar 100%, maka PDAM Dompu perlu meningkatkan jumlah pelanggan 13,72% (6.823 SR), panjang pipa 193,3% (490,1 km), produksi air 149,7 % (2.502.796 m3), harga jual rata-rata 4% (Rp 364,-), tingkat non-losses 6,52% (49%), mengurangi jumlah karyawan 29,17% (85 orang), biaya operasi 29,37% (Rp 715.776.857,-) dan asset 44,79% (Rp 4.251.205.590,-). Untuk cakupan pelayanan dan kapasitas reservoir distribusi tidak dilakukan perbaikan. Kata Kunci : Data Envelopment Anlaysis (DEA), standard performansi, efisiensi relatif PDAM NTB, produktivitas.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Suparno, MSIE;Nani Kurniati, ST., MT
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous