Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan Ulang Alat Perajang Tembakau Berdasarkan Pendekatan Rekayasa Nilai (Studi Kasus di Desa Kambangan-Ngimbang -Lamongan)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan Ulang Alat Perajang Tembakau Berdasarkan Pendekatan Rekayasa Nilai (Studi Kasus di Desa Kambangan-Ngimbang -Lamongan)
Edition
Call Number 2004/40
ISBN/ISSN
Author(s) Nina Aini Mahbubah
Subject(s) VALUE ENGINEERING
Classification 658.155 2
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2004
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Alat perajang tembakau merupakan suatu peralatan yang digunakan untuk merajang/memotong tembakau. Terdapat dua jenis alat perajang tembakau tersebut, pertama yang digerakkan secara manual dan yang kedua digerakkan secara mekanik. Alat perajang tembakau mekanik ini menggunakan motor listrik untuk menggerakkan pisau perajang sehingga mampu mernghasilkan tembakau rajangan lebih banyak bila dibandingkan dengan alat perajang manual. Kemampuan alat perajang mekanik ini masih bisa ditingkatkan mulai dari kecepatan rajangan serta kualitas hasil rajangan yang lebih homogen. Penelitian ini diawali dengan memunculkan kritera-kriteria yang diperlukan dalam pembuatan alat perajang tembakau. Dari kriteria dan kelemahan-kelemahan alat perajang tembakau mekanik yang telah ada, akhirnya didapat 5 alternatif perancangan alat perajang tembakau. Metode rekayasa nilai digunakan sebagai metode untuk memilih satu alternatif modifikasi alat perajang tembakau terbaik dan menganalisanya melalui tahapan lima rencana kerja yang meliputi (1) tahap informasi, (2) tahap kreatif, (3) tahap analisa, (4) tahap pengembangan dan (5) tahap presentasi. Alternatif IV merupakan alternatif terbaik dari beberapa alternatif yang telah dibuat. Spesifikasi dari alternatif modifikasi desain IV adalah sebagai berikut alternatif dengan modifikasi motor AC ¼ Hp, 1400 rpm, rasio diameter pulley 1:3, dimana diameter pulley pada motor 5 cm dan pada pisau 15 cm dengan material alumunium, V-Belt A-70, pisau modifikasi gergaji 14 x 10 cm, feeder terbuat dari alumunium berukuran 12 x 12 x 40 cm dengan stopper dari kayu untuk mengatur ukuran rajangan agar homogen. Keunggulan desain alternatif terpilih adalah pisau lebih ringan dan tajam, kecepatan putar pisau lebih tinggi, ukuran belt lebih presisi dan relatif tidak membahayakan pengguna alat, pulley tersedia di pasaran serta hasil rajangan lebih baik dan ketebalannya dapat diatur. Modifikasi alternatif terpilih memberikan nilai tertinggi 1,33 dibandingkan dengan alternatif lainnya. Desain alternatif terpilih tersebut mampu menghasilkan kecepatan rajangan 467 rpm sedangkan desain awal mampu menghasilkan kecepatan rajangan 288 rpm. Kata Kunci : Alat Perajang tembakau, Alternatif modifikasi, AHP, Rekayasa nilai
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Hari Supriyanto, MSIE;Iwan Vanany, ST., MT
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous