Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Evaluasi Performansi Flow Material dan Perancangan Sistem Material Handling dengan Pendekatan Simulasi (Studi Kasus di PT. Federal Izumi MFG)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Evaluasi Performansi Flow Material dan Perancangan Sistem Material Handling dengan Pendekatan Simulasi (Studi Kasus di PT. Federal Izumi MFG)
Edition
Call Number 2004/46
ISBN/ISSN
Author(s) Dessi Mufti
Subject(s) Lay Out
Simulation
Classification 003
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2004
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi suatu pabrik dan mengurangi biaya produksi adalah dengan melakukan process improvement. Ini dapat dilakukan dengan relayout fasilitas dan penanganan material yang efisien. PT. Federal Izumi Mfg sebagai perusahaan penghasil piston mempunyai dua bentuk flow material pada proses machiningnya. Process improvement dapat dilakukan secara terus menerus tanpa mengganggu aktivitas nyata yaitu dengan menggunakan pendekatan simulasi. Tujuan utama yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah menganalisis aliran produksi kondisi existing, menentukan model flow material yang akan digunakan pada proses machining serta menentukan sistem penanganan material handling yang tepat. Berdasarkan kondisi existing, pada proses machining operator mesin sekaligus sebagai transporter menjalankan pekerjaan sesuai siklus tertentu tanpa ada pertimbangan untuk mendahulukan pekerjaan pada resource yang memiliki work in process, yang secara keseluruhan akan mempengaruhi kelancaran sistem produksi dan memperpanjang waktu penyelesaian produk. Hasil analisa dari model simulasi dengan menggunakan software Arena menunjukkan bahwa flow material yang berbentuk U line dan S line berbeda dari pola kedatangan, siklus kerja operator dan sistem pemindahan material, sehingga perlu dilakukan tindakan untuk menyamakan sistem dan selanjutnya dilakukan usulan dengan menggunakan dua skenario untuk pengaturan siklus kerja operator (transporter). Pengambilan keputusan dari kondisi existing dan skenario yang diusulkan dilakukan dengan metoda Analitycal Hierarhy Process dan software expert choice. Skenario yang terpilih adalah skenario pertama dengan bobot 46.2%, dan terjadi peningkatan volume dan utilitas serta penurunan cycle time dan jumlah work in process. Pada bagian akhir tesis ini direkomendasikan sebagai bahan pertimbangan bagi departemen engineering untuk mengatur prioritas kerja operator pada resource yang mempunyai work in process tertinggi. Kata kunci : Performansi, Flow material, Simulasi, Analitycal Hierarchy Process
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Moses L. Singgih, MSc, MRegSc;Nurhadi Siswanto, ST., MSIE
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous