Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perencanaan Produksi Agregat Menggunakan Metode Program Linear dan Simulasi (Studi Kasus di PT. Sari Husada Tbk. Yogyakarta)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perencanaan Produksi Agregat Menggunakan Metode Program Linear dan Simulasi (Studi Kasus di PT. Sari Husada Tbk. Yogyakarta)
Edition
Call Number 2004/47
ISBN/ISSN
Author(s) Suseno
Subject(s) Agregate Production
LINEAR PROGRAMMING
Classification 519.72
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2004
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Perencanaan produksi yang dilakukan selama ini oleh PT Sari Husada adalah mengacuh pada permintaan PT Tiga Raksa, dengan mempertimbangkan kapasitas mesin yang ada. Pada perencanaan produksi menggunakan program linear (LP) dan simulasi Arena ini (metode hibrid ) diharapkan memperoleh hasil yang optimal dari segi biaya dan layak untuk diterapkan di perusahaan. Permintaan produk yang diterima oleh perusahaan dijadikan masukkan untuk penyelesaian model LP tahap awal dengan mempertimbangkan biaya produksi, biaya inventori dan biaya undertime sebagai fungsi tujuan, dan kapasitas mesin, safety stock, dan inventori awal sebagai fungsi kendala. Hasil penyelesaian LP tahap awal sebagai salah satu alternatif perencanaan produksi yang optimal. Selanjutnya hasil optimal LP tahap awal dijadikan input dalam model program simulasi yang telah diuji verifikasi dan validasinya. Running simulasi dilakukan sebanyak 4 kali (replikasi 4). Uji T dilakukan terhadap output simulasi, maka diperoleh hasil rerata, minimal dan maksimal. Agar layak untuk diterapkan pada perusahaan, diperlukan penyesuaian kapasitas mesinnya. Penyesuaian kapasitas mesin dilakukan dengan 2 cara, yaitu : (1) Kapasitas mesin rerata dan (2) Kapasitas mesin maksimum Hasil yang diperoleh dari penyelesaian LP awal dan metode hibrid (kapasitas mesin rerata dan maksimum) dapat dijadikan pertimbangan untuk perencanaan produksi yang optimal dan layak untuk diterapkan di PT Sari Husada Kata kunci : Perencanaan Agregat, metode Hibrid, program linear, simulasi Arena
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Patdono Suwignjo, M.Eng.Sc;Ir. Sri Gunani Partiwi, MT
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous