Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Implementasi Teknik Keandalan untuk Menentukan Selang Perawatan Komponen Kritis Spiral Finning Machine (Studi Kasus di PT. ALSTOM Power Energy Systems Indonesia)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Implementasi Teknik Keandalan untuk Menentukan Selang Perawatan Komponen Kritis Spiral Finning Machine (Studi Kasus di PT. ALSTOM Power Energy Systems Indonesia)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Timotius Ivan Purwonogroho
Subject(s) Maintenance
Reliability
Classification 658.202
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2004
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Guna mendukung jalannya proses produksi agar tidak terhenti atau macet oleh karena suatu kerusakan mesin, maka perlulah kita memikirkan tindakan perawatan atau penggantian suatu komponen pada mesin yang terpasang tersebut. Apabila alternatif perawatan yang ada terlalu lama, maka akan memperbesar biaya kerusakan karena adanya kerusakan, sedangkan bilamana terlalu cepat maka akan memperbesar biaya perawatan pencegahan, maka dari itu dicari suatu selang perawatan yang meminimalkan total biaya perawatan dengan menggunakan Teknik Keandalan. Komponen-komponen mesin dikelompokkan menjadi beberapa sub assembly untuk kemudian dianalisa lanjut dengan menggunakan pareto diagram guna mendapatkan komponen kritisnya. Dari analisa yang dilakukan, ada 3 komponen kritis pada Spiral Finning Machine yaitu serrator, contact tube dan control valve for cooling assembly. Dengan menggunakan Teknik Keandalan maka berdasarkan data masa lalu, ketiga komponen tersebut akan dicari selang perawatan yang optimum dari segi waktu maupun dari biaya-biaya yang timbul didalamnya. Hasil perhitungan diperoleh bahwa selang perawatan untuk komponen serrator adalah 367.013 jam, dengan biaya total perawatan selama satu tahun sebesar Rp. 395.600.000,-; sedangkan untuk contact tube adalah 115.095 jam, dengan biaya total perawatan selama satu tahun sebesar Rp. 563.700.000,-; dan control valve for cooling assembly adalah 1178 jam, dengan biaya total perawatan selama satu tahun sebesar Rp. 29.650.000,-. Dengan mengetahui serta menerapkan selang waktu perawatan dari komponen-komponen kritis ini pada lini Spiral Finning Machine maka akan didapatkan efisiensi yang mana ujung-ujungnya akan berpengaruh pada peningkatan produktivitas kerja. Kata Kunci: Spiral Finning Machine, Teknik Keandalan, Selang Perawatan
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Hari Supriyanto, MSIE
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous