Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Penerapan Data Envelopment Analysis (DEA) untuk Membandingkan Efisiensi Unit Gawat Darurat (UGD) (Studi Kasus RSUD Dr. Soetomo, RS Adi Husana Undaan, RKZ, RS Adi Husada Kapasari, RS Haji, dan RS Al-Irsyad)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Penerapan Data Envelopment Analysis (DEA) untuk Membandingkan Efisiensi Unit Gawat Darurat (UGD) (Studi Kasus RSUD Dr. Soetomo, RS Adi Husana Undaan, RKZ, RS Adi Husada Kapasari, RS Haji, dan RS Al-Irsyad)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Daniel Saputra
Subject(s) Productivity Analysis
Classification 658.566
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2004
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Peningkatan efisiensi Unit Gawat Darurat (UGD) menjadi hal yang cukup penting mengingat fungsi Unit Gawat Darurat yang cukup vital berkaitan dengan keselamatan jiwa. Oleh karena itu dinas kesehatan perlu mengetahui tingkat efisiensi dari Unit Gawat Darurat. Penelitian ini berusaha mengukur dan membandingkan tingkat efisiensi dari 6 Unit Gawat Darurat dari 6 rumah sakit yang berbeda periode 1999-2002 sehingga nantinya akan didapatkan informasi UGD mana yang relatif efisien dan UGD mana yang relatif tidak efisien. Pada penelitian ini digunakan pendekatan Data Envelopment Analysis (DEA), dimana DEA ini merupakan model pemrograman linier yang berbasis pada pengukuran efisiensi relatif suatu unit dengan menggunakan banyak input dan banyak output. Input dan output yang digunakan dalam penelitian yang dianggap mempengaruhi efisiensi, dihasilkan dari perhitungan dengan menggunakan tool SPSS 10.0 (Principal Component Analysis). Dari pengukuran menggunakan DEA dengan model Variabel Return Scale (VRS) dan Constant Return Scale (CRS) dengan menggunakan software LINGO 6.0, akan didapatkan nilai technical efficiency dan scale efficiency yang akan mengindikasikan UGD mana yang efisien (nilai TE = 1) dan mana UGD yang tidak efisien (TE
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Moses L. Singgih, M.Sc.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous