Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Penentuan Harga Pokok Pelayanan Jasa Program Pendidikan Satu Tahun Komputer Aplikasi Bisnis dengan Metode Activity Based Costing (Studi Kasus PASTI-ITS)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Penentuan Harga Pokok Pelayanan Jasa Program Pendidikan Satu Tahun Komputer Aplikasi Bisnis dengan Metode Activity Based Costing (Studi Kasus PASTI-ITS)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Rina Sandora
Subject(s) COST ANALYSIS
Classification 658.155 2
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2004
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Penentuan Harga Pokok Pelayanan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam sebuah program Pendidikan Aplikasi Sistem Bisnis Teknik Industri (PASTI-ITS). Harga Pokok Pelayanan sebuah jasa pendidikan satu tahun akan dapat menentukan besarnya profit yang diperoleh oleh pihak manajemen dari hasil penjualan jasa yang dilakukan. Dalam hal ini penentuan alokasi overhead cost yang tepat dan akurat berdasarkan konsumsi aktivitas. PASTI-ITS merupakan lembaga yang bergerak dalam bidang program pendidikan satu tahun yang berorientasi pada Komputer Aplikasi Bisnis (education), training, dan consulting. Permasalahan yang terdapat dalam lembaga ini adalah pada penentuan harga pokok pelayanan yang memang belum akurat karena selama ini hanya ditentukan dengan jalan benchmarking dengan harga kompetitor, fluktuasi harga rupiah, bahkan strategi intuisipun juga digunakan. Beberapa kajian tentang dasar penyusunan sistem anggaran pendidikan satu tahun telah dilaksanakan, sehingga akhirnya digunakan konsep “Activity Based Costing (ABC)” sebagai referensi bagi penyusun anggaran pendidikan satu tahun. “Transaction Based Costing” merupakan nama lain dari Activity Based Costing. Tujuan dari Activity Based Costing adalah mengalokasikan biaya ke transaksi dari aktivitas yang dilaksanakan dalam suatu organisasi, dan kemudian mengalokasikan biaya tersebut secara tepat ke produk sesuai dengan pemakaian aktivitas setiap produk. Konsep Activity Based Costing telah dikembangkan sebagai satu bentuk penentuan anggaran yang didasarkan atas cost object: product/service, processes, services dan customer, dengan target untuk membantu para manager membuat keputusan yang tepat tentang product/service mix dan competitive strategies. Penentuan Harga Pokok Pelayanan pada program pendidikan satu tahun PASTI-ITS dengan metode Activity Based Costing ini didapatkan hasil sebesar Rp. 1.684.401, sedangkan Harga Pokok Pelayanan berdasarkan hasil perhitungan dengan metode tradisional diperoleh hasil sebesar Rp. 1.742.722. Hasil penentuan Harga Pokok Pelayanan dari metode tradisional tersebut overcosting terhadap metode Activity Based Costing (ABC). Perhitungan laba dengan kedua metode ini juga menunjukkan perbedaan yaitu dengan metode ABC didapatkan laba sebesar Rp. 65.872.266, sedangkan sistem biaya tradisional diperoleh laba sebesar Rp. 54.083.970. Perbedaan ini disebabkan oleh penyimpangan pengalokasian biaya overhead pada sistem biaya tradisional. Kata kunci: Harga Pokok Pelayanan, Activity Based Costing, transaction based costing, cost object, overhead cost, competitive strategies.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Suparno, MSIE;Erwin Widodo, ST
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous