Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisa Penurunan Tingkat Defect dengan Metode QCC (Quality Control Circle) dan Seven Tools ( Studi Kasus : PT Panggung Electric Corporation)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisa Penurunan Tingkat Defect dengan Metode QCC (Quality Control Circle) dan Seven Tools ( Studi Kasus : PT Panggung Electric Corporation)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Moh. Suudi
Subject(s) QUALITY CONTROL
Classification 658.562
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2004
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Tingginya tingkat cacat (Defect) pada produk merupakan masalah yang serius di PT. Panggung Electric Corporation, hal ini disebabkan kompleksitas jenis cacat yang terjadi pada proses pembuatan TV (Unit 2A), yaitu cacat Grade A (Kritis), cacat Grade B (Sedang), dan cacat Grade C (Ringan). Sehingga perlu dilakukan usaha perbaikan secara terus-menerus untuk mengurangi cacat yang terjadi pada proses pembuatan TV (Unit 2A). Hal tersebut dapat dilaksanakan dengan menggunakan metode QCC (Quality Control Circle) dengan Delapan Langkah Perbaikan Kualitas. Untuk menunjang metode ini digunakan alat bantu Seven Tools. Dari hasil penelitian, proses produksi yang memiliki % QP (Quality Point) terbesar adalah bagian Insert Machine (IM). Pada bagian Insert Machine (IM) jenis cacat yang terbesar adalah Grade A (Kritis). CTQ (Critical To Quality) yang memiliki jumlah cacat terbesar pada jenis cacat Grade A adalah Pemasangan Komponen Kurang. Dari cacat tersebut kemudian dilakukan pencarian akar penyebab masalah melalui proses Brainstorming dengan pihak perusahaan, yaitu dengan menggunakan alat bantu Diagram Fishbone. Penyebab-penyebab yang ada kemudian dipilih yang paling dominan melalui proses Brainstorming. Penyebab cacat yang paling dominan adalah rendahnya kehandalan mesin, kurangnya ketelitian operator, dan jeleknya kualitas material. Sebagai rekomendasi langkah perbaikan diusulkan sebuah matriks rencana perbaikan yang dibuat dari proses Brainstorming. Kata Kunci: Defect, QCC, Seven Tools, QP (Quality Point), CTQ (Critical To Quality), Brainstorming.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Iwan Vanany, ST.,MT;Arief Rahman, ST.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous