Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisa Pengukuran Produktivitas Unit Pelayanan Telkom dengan Pendekatan Data Envelopoment Analysis (Studi kasus : PT. Telkom Kandatel Surabaya Jatim)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisa Pengukuran Produktivitas Unit Pelayanan Telkom dengan Pendekatan Data Envelopoment Analysis (Studi kasus : PT. Telkom Kandatel Surabaya Jatim)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Siska Susilowati
Subject(s) Productivity Analysis
Classification 658.566
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2004
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Tidak dapat dipungkiri bahwa kebutuhan untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi bagi masyarakat kita dewasa ini telah bergerak dari kebutuhan tersier menjadi kebutuhan primer. PT Telkom merupakan satu – satunya operator penyelenggara jasa telekomunikasi fix phone di Indonesia yang akan segera menghadapi era persaingan bebas, sehingga senantiasa dituntut untuk menerapkan perbaikan produktivitas system produksi dengan memperhatikan tingkat efisiensi dari penggunaan sumber daya yang ada. Pengukuran tingkat efisiensi sebagai indeks produktivitas tersebut harus benar – benar dilakukan secara objektif, sehingga hasil pengukuran tersebut dapat dijadikan inputan yang positif bagi kemajuan perusahaan dan dapat diterima semua pihak yang terkait dengan baik. Penelitian yang dilakukan di PT TELKOM ini bertujuan untuk membuat suatu model penilaian efisiensi dalam rangka penentuan produktivitas masing – masing Unit Pelayanan, sekaligus menentukan rencana perbaikan bagi unit – unit pelayanan yang tidak efisien dan juga membuat perankingan bagi keseluruhan DMU. Dalam pemecahan masalah ini dipergunakan pendekatan Data Envelopment Analysis (DEA), untuk mengetahui indeks produktivitas dari masing – masing DMU.DEA merupakan teknik dengan dasar programa linier untuk mengukur performansi relatif dari unit – unit organisasi dengan multi input dan multi output yang menyulitkan perbandingan antara unit – unit organisasi tersebut tanpa penentuan bobot sehingga hasilnya akan lebih objektif.Dengan adanya pengukuran produktivitas yang benar – benar obyektif ini diharapkan akan bias memberikan instrumen bagi PT TELKOM dalam kaitannya dengan pencapaian visi dan misi perusahaan serta memberikan kepuasan baik bagi manajemen perusahaan maupun pihak – pihak yang terkait dengan pengelolaan UP tersebut. Dari hasil pengolahan data, akan diperoleh nilai technical efficiency dari masing – masing DMU sehingga diketahui DMU – DMU mana yang kurang efisien, dan berapa target perbaikan yang harus dicapai berdasarkan nilai dari slack variabel.Penetapan peer grup bagi DMU yang kurang efisien akan memberikan arahan bagi program perbaikan, selain itu pengintegrasian model DEA – AHP akan memudahkan perankingan bagi DMU – DMU yang bersangkutan. Kata Kunci :Produktivitas, Efsiensi, Data Envelopment Analysis, Peer Group, Analytical Hierarki Process
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Hari Supriyanto, MSIE
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous