Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Penentuan Tingkat Persediaan Spare Part Forklift Merek Hitachi dengan Variasi Demand Selama Lead Time (Studi Kasus di PT. Hexindo Adiperkasa Tbk. Cabang Surabya)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Penentuan Tingkat Persediaan Spare Part Forklift Merek Hitachi dengan Variasi Demand Selama Lead Time (Studi Kasus di PT. Hexindo Adiperkasa Tbk. Cabang Surabya)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Moh. Abil Waros
Subject(s) INVENTORY CONTROL
PPC
Classification 658.787
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2004
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Penetapan tingkat persediaan yang optimal sangat penting bagi perusahaan. Karena dengan tingkat persediaan yang optimal bisa membantu meminimasi total biaya yang berkenaan dengan persediaan, yang berupa holding cost dan backordering cost. Dalam suatu sistem persediaan yang membolehkan terjadinya backorder, demand selama lead time merupakan suatu ukuran penting dalam pengambilan keputusan. Perusahaan yang dalam operasinya mengabaikan variabilitas dari demand selama lead time, akan mengalami kerugian finansial yang cukup signifikan. Tugas akhir ini menganalisa penetapan tingkat persediaan spare part yang optimal,yang meliputi kapan harus memesan dan dalam jumlah berapa agar mampu mengatasi variasi permintaan yang terjadi selama lead time.ABC analysis digunakan untuk mengelompokkan spare part berdasarkan kontribusi total demand dan harga. Kemudian dilakukan uji Kolmogorf Smirnov terhadap demand selama lead time untuk mengetahui pola distribusi dari masing-masing spare part. langkah selanjutnya adalah menentukan nilai quantity order dan reorder point berdasarkan pola distribusinya. Simulasi Montecarlo digunakan untuk mengetahui biaya total persediaan dan service level. Dari simulasi didapatkan bahwa metode usulan mampu menghasilkan penghematan sebesar 12,08 % (Rp. 1,593,136). Penghematan sebesar ini berasal dari penurunan jumlah rata-rata tingkat inventory dari 10,66 unit menjadi 8,46 unit (20,68 %) Kata kunci :persediaan, demand, lead time, uji Kolmogorf Smirnov, order quantity, reorder point, simulasi Montecarlo
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Suparno, MSIE
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous