Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisis Karakteristik Potensi-Potensi Masalah Ergonomi-K3 pada Sistem Kerja Mesin Punch (Studi Kasus di PT. Atak Otomotif Indometal, Ngingas Waru-Sidoarjo)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisis Karakteristik Potensi-Potensi Masalah Ergonomi-K3 pada Sistem Kerja Mesin Punch (Studi Kasus di PT. Atak Otomotif Indometal, Ngingas Waru-Sidoarjo)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Rendra Rizki Sesotyo Bramantyo
Subject(s) COST ANALYSIS
Classification 658.155 2
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2004
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Kondisi Ergonomi dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada suatu industri menentukan baik tidaknya performansi kerja didalam industri tersebut. Kemampuan seseorang sangat bergantung kepada gabungan dari karakteristik pribadi, kapasitas fisiologis, psikologis serta biomekanika yang dimilikinya. Sedangkan aktivitas yang dilakukan tergantung kepada tugas, organisasi dan lingkungan yang harus dihadapi. Stasiun Kerja pada PT.Atak Otomotif Indometal adalah stasiun kerja semi otomatis. Perusahaan yang terletak di Ngingas, Waru – Sidoarjo ini kurang memperhatikan ergonomi dan K3 dalam merancang stasiun kerjanya. Hal ini dapat mempengaruhi produktivitas kerja operator. Melihat kondisi kerja tersebut, maka dilakukan analisa ergonomi dan K3 serta dilakukan perancangan ulang stasiun kerja mesin Power Punch. Analisa yang dilakukan memperhatikan berbagai faktor yaitu anthropometri tubuh, biomekanika, physiologycal performance, subyektifitas operator terhadap keluhan sakit yang diderita operator, dan juga memperhatikan pengaruh lingkungan seperti kebisingan dan pencahayaan pada stasiun kerja mesin Power Punch. Setelah itu dilakukan perbandingan kondisi awal dan kondisi hasil dari redesain. Dari hasil studi perbandingan antara kondisi awal dan setelah dilakukan perbaikan, dapat dikatakan bahwa kondisi kerja hasil redesain sudah lebih baik daripada kondisi awal. Hal ini karena dalam perancangan stasiun kerja mesin Power Punch disesuaikan dengan anthropometri tubuh operator dengan rancangan kursi kerja yang menggunakan prinsip-prinsip ergonomi. Sehingga energi yang dibutuhkan operator menjadi lebih sedikit dan mengurangi rasa sakit yang dikeluhkan operator pada saat bekerja. Kata kunci: Ergonomi, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, anthropometri, biomekanika, physiologycal peerformance, subyektifitas operator
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Sritomo Wignjosoebroto, M.Sc
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous