Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Evaluasi Pengendalian Persediaan Part Brake Pesawat Fokker F28 Dengan Menggunakan Model Probabilistik (Studi Kasus di PT. Merpati Maintenance Facility)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Evaluasi Pengendalian Persediaan Part Brake Pesawat Fokker F28 Dengan Menggunakan Model Probabilistik (Studi Kasus di PT. Merpati Maintenance Facility)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Paulus Edy Pranoto
Subject(s) INVENTORY CONTROL
Maintenance
Classification 658.787
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2004
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info MERPATI MAINTENANCE FACILITY (MMF) merupakan perusahaan yang memberikan jasa perawatan dan perbaikan pesawat terbang. MERPATI NUSANTARA AIR LINES adalah Customer utama dari MMF. MMF memiliki beberapa divisi, salah satu diantaranya adalah divisi engine shop. Divisi ini bertanggung jawab terhadap seluruh kegiatan perawatan dan perbaikan engine dan Brake pesawat. Kerusakan merupakan fungsi stokastik yang independent terhadap waktu. Oleh karena itu permintaan terhadap jasa perbaikan tidak dapat diperkirakan secara tepat. Sistem inventori yang diterapkan perusahaan selama ini didasarkan pada intuisi. Hal ini berarti bahwa jumlah permintaan yang diperkirakan berdasarkan data historis pada periode sebelumnya. Dengan sistem ini ditemukan suatu periode dimana permintaan yang terjadi lebih besar dari inventori yang ada atau kondisi dimana persediaan lebih besar dari permintaan. Untuk menghindari terhambatnya proses rectifikasi khususnya proses replacement perlu di buat sistem inventori yang baik. Penelitian ini akan mengevaluasi sistem inventori perusahaan dan membandingkannya dengan continuous review model and periodic review model. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan pertimbangan pada perusahaan yang bertujuan untuk membuat sistem inventori yang memiliki total cost dan service level yang optimal. Continuous review model merupakan sistem inventori dimana inventori level ditinjau secara continu dan jumlah order dilakukan dengan jumlah yang sama. Sedangkan periodic review model merupakan sistem inventori inventori level ditinjau dalam periode yang sama dan order dilakukan untuk memenuhi target inventori level. permintaan yang digunakan pada sistem ini diperoleh dari nilai Mean time to Failure (MTTF) dari part. Hasil penelitian meunjukkan bahwa Continuous review model sesuai untuk part return pin, packing, plug dan padware, sedang periodic review model sesuai untuk part rotating disk. Key words : proces stocastik, Shortage, continuous review model, periodic review model, MTTF
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Nani Kurniati, ST.,MT
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous